bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Hanya Venezuela dan Arab Saudi yang bisa menjual murah BBM nya.

Diposkan oleh On 16:33:00 with No comments

Jakarta,bantencom - Pemerintah menyatakan harga BBM di Indonesia saat ini untuk jenis premium dan solar subsidi masih Rp 4.500/liter sangat murah. Karena cadangan minyak Indonesia sedikit.

Plt Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, bisa dikatakan harga BBM di Indonesia saat ini adalah yang termurah.

"Ini ada fraksi (di DPR) yang mengatakan termurah di ASEAN. Kurang dari 50 persen harganya dibanding Kamboja, bahkan Timor Leste," ujar Bambang dalam jumpa pers di Gedung Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Selasa (18/6/2013).

Bambang menyatakan, BBM murah hanya ada di negara penghasil minyak dengan cadangan minyak yang besar, seperti Venezuela dan Arab Saudi.

"Harga minyak murah hanya ada di negara yang produksi dan punya cadangan minyak besar. Jadi tidak ada yang cadangannya sedikit tapi harga murah seperti di Indonesia," jelasnya.

Menurut Bambang, wajar harga BBM murah di negara penghasil dan pemilik cadangan minyak yang besar. Namun, jika di negara seperti Indonesia yang produksi minyaknya rendah hanya 840 ribu barel per hari dan cadangan minyak hanya 4 miliar barel, harga BBM yang murah dapat mempercepat habisnya cadangan minyak.

"Ini anomali, Venezuela dan Arab Saudi cadangannya ratusan miliar barel, produksinya masih jutaan barel wajar kalau murah. Indonesia produksi 840 barel per hari, cadangan 4 miliar barel. Jadi kita tidak lama lagi punya minyak. Yang tadinya nett importer, bisa jadi full oil importer," tegasnya.(WS)
Sent From bantencom civil journalism
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »