bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Kabut Asap Semakin Pekat

Diposkan oleh On 16:55:00 with No comments

Riau,bantencom - Kabut asap di Pekanbaru, Riau kian pekat. Setidaknya itulah pemandangan pada Kamis (20/6/2013) pagi ini. Untuk alasan kesehatan, warga pun diimbau untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan.

"Mensosialisasikan kepada masyarakat agar mengurangi aktifitas di luar rumah. Jika perlu keluar rumah menggunakan masker," kata Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan P2PL Kementerian Kesehatan RI, Prof Tjandra Yoga Aditama, dalam pesan tertulisnya.

Menurut Prof Tjandra, sosialisasi kepada masyarakat itu merupakan langkah yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Riau. Langkah lainnya adalah melakukan surveilans aktif kasus infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) di seluruh tempat pelayanan kesehatan.

"Menyiagakan seluruh pelayan kesehatan dasar terhadap peningkatan kasus ISPA. Saat ini stok masker ada 50.000," sambung Prof Tjandra.

Menurut informasi yang diterima Kemenkes dari Kadinkes Provinsi Riau, saat ini ada 4 kabupaten kota yang mengalami dampak pencemaran udara akibat kabut asap. Daerah itu adalah Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai, dan Kabupaten Siak. Di Dumai, sementara ini ada data peningkatan kasus ISPA.

Sementara itu kabut asap di Sumatera Barat sampai saat ini belum ada laporan gangguan. Dari pantauan Badan Meteorologi Klimtologi dan Geofisika (BMKG) Padang, titik api di Sumatera Barat hanya 5-9. Sedangkan jarak pandang di Airport Padang lebih dari 7 km.

"Kondisi kota Batam saat ini sedang diselimuti kabut asap, namun operasional Bandara Hang Nadim Batam masih berjalan dengan lancar, dengan jarak pandang 1 km. Keseluruhan aktivitas di kota batam masih berjalan lancar/belum ada gangguan," terang Prof Tjandra.

Kabut asap akibat kebakaran lahan di area perhutanan di Riau menyebabkan aktivitas Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II di Pekanbaru pada pagi ini terganggu. Jarak pandang yang sangat terbatas menyebabkan tidak bisa untuk dilakukan pendaratan.

Data sementara terdapat lebih dari 100 titik api yang menyebar di sejumah kabupaten. Asap dari Riau ini juga sudah menyeberang ke Malaysia dan Singapura. Bahkan untuk menanggapi situasi ini, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong akan menggelar rapat.(WS)
Sent From bantencom civil journalism

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »