bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Kontrol Presentasi dengan Android

Diposkan oleh On 17:29:00 with No comments

Mau tampil original dan bebas berekspresi saat presentasi? Ada LibreOffice yang gratis, legal, dan yang penting mudah!
LibreOffice adalah salah satu aplikasi perkantoran berbasis open source yang mulai banyak digemari saat ini, di luar Microsoft Office. Dikembangkan oleh “The Document Foundation” sejak tahun 2010, LibreOffice merupakan duplikasi dari proyek sebelumnya, yaitu OpenOffice.org. LibreOffice membawa semangat keterbukaan dan kebebasan dalam pemakaian aplikasi perkantoran yang selama ini didominasi produk-produk komersial.
Pada awal pembentukannya “The Document Foundation” beranggotakan pengembang yang sebelumnya aktif di proyek OpenOffice. Saat ini “The Document Foundation” didukung beberapa perusahaan dan organisasi besar, antara lain Google, SUSE, RedHat, dan Free Software Foundation. LibreOffice juga membuka dukungan dari khalayak umum dalam bentuk donasi yang dapat diberikan melalui situs mereka di http://donate.libreoffice.org/.
Dengan komitmen dan dukungan yang kuat, LibreOffice terus berkembang sejak 2010, dan sampailah pada versi terakhir, yaitu LIbreOffice 4 versi 4.0.1. Salah satu fasilitas yang paling baru adalah disediakannya akses kontrol dari telepon seluler berbasis Android untuk mengontrol presentasi dari LibreOffice Presentation (Impress). Dengan adanya fasilitas kontrol jarak jauh ini, kamu lebih leluasa berekspresi saat presentasi di depan umum.
Nah, silakan ikuti tahapan di bawah jika kamu mau tampil original dan bebas berekspresi saat presentasi.
1. Pertama-tama pasang dulu aplikasi LibreOffice 4 di komputer pribadi kamu. Di Indonesia mirror untuk LibreOffice 4 dapat diperoleh di http://kambing.ui.ac.id/tdf/libreoffice/stable/4.0.1/.
t08-434-kontrol-gb02

2. Selanjutnya pada telepon seluler atau tablet Android kamu, pasanglah aplikasi bernama “LibreOffice Impress Remote” (versi terakhir sampai tulisan ini dibuat adalah 1.0.4). Untuk dapat menggunakan Impress Remote, kamu harus memiliki Android minimal versi 2.3 atau di atasnya. Sebenarnya pada Imress Remote tersedia dua jenis koneksi ke komputer, yaitu melalui Bluetooth dan Wi-Fi. Kali ini, kita mencoba yang menggunakan koneksi Bluetooth.


t08-434-kontrol-gb033.
Oleh karena kontrol jarak jauh untuk aplikasi Impress menggunakan protokol Bluetooth, kamu bisa langsung menggunakan koneksi Bluetooth di laptop yang sudah tersedia. Namun kalau pakai komputer desktop (PC), kamu harus membeli Bluetooth USB dongle yang harganya sangatlah murah saat ini. Untuk melakukan percobaan, jalankan LibreOffice di komputer pribadi kamu dan buatlah dokumen presentasi baru. Agar manfaat Impress Remote lebih terasa, coba berikan beberapa catatan di bagian Notes untuk beberapa slide. Mengapa harus dicoba? Karena pada Impress Remote, catatan yang kamu berikan juga dapat kamu baca di ponsel Android. Setelah selesai, jangan lupa simpan.
t08-434-kontrol-gb044. Untuk mengontrol dari jarak jauh menggunakan telepon seluler Android melalui Bluetooth, pada aplikasi LibreOffice 4 Impress pilih menu Tools > Options (pada Windows/Linux) atau LibreOffice > Preferences (pada MacOSX). Pada dialog Options/Preferences, klik item LibreOffice Impress > General, lalu beri tanda cek pada item Enable remote control. Perlu dicatat, menu pilihan ini baru muncul jika kamu menjalankan LibreOffice Impress. Setelah itu tutup aplikasi LibreOffice 4 dengan cara File >  Exit, dan jalankan kembali. Untuk eksekusi kedua ini, silakan klik tombol [Allow access] untuk mengijinkan LibreOffice menggunakan koneksi masuk dan keluar.
t08-434-kontrol-gb055. Sekarang kita akan men-setup koneksi Bluetooth di ponsel. Aktifkan koneksi Bluetooth dengan cara masuk ke Settings. Jika kamu menggunakan Android ICS ke atas, halaman Settings sudah menampilkan bagian Wireless & Networks, sehingga kamu cukup tap item Bluetooth. Pada halaman pengaturan Bluetooth, pastikan Bluetooth telah aktif (berstatus ON).
Pastikan juga Bluetooth pada komputer pribadi kamu telah aktif dan discoverable. Selanjutnya, pada ponsel Android, tap item [SEARCH FOR DEVICES] untuk meminta Android mencari peranti lain dengan Bluetooth aktif dan discoverable.

t08-434-kontrol-gb06

6. Ketika komputer pribadi kamu muncul pada daftar peranti Bluetooth yang dikenal ponsel, tap item namanya. Android akan memunculkan sebuah dialog yang meminta kamu memasukkan PIN sebagai konfirmasi koneksi.

 t08-434-kontrol-gb077. Setelah PIN dimasukkan, tap tombol Pair. Pada komputer akan dimunculkan dialog konfirmasi koneksi Bluetooth. Masukkan PIN yang sama dengan di ponsel. Jika berhasil, maka sekarang antara ponsel Android dan komputer kamu sudah saling mengenal dan terhubung.

t08-434-kontrol-gb08

8. Sekarang jalankan aplikasi LibreOffice Impress Remote pada ponsel. Secara otomatis, ketika koneksi dengan komputer pribadi kamu sudah terbentuk melalui Bluetooth, pada tampilan awal LibreOffice Impress Remote terlihat nama komputer pribadi kamu.


9. Berikutnya cukup tap item komputer kamu, dan tunggu sampai koneksi terbentuk. Tap tombol [Start Presentation] yang muncul.

t08-434-kontrol-gb09

10. Akan hadir deretan slide dan notes pada setiap slide yang ditampilkan. Geser slide ke kiri dan ke kanan, dan otomatis tampilan slide presentasi juga akan berganti. Pada saat yang sama kamu dapat membaca catatan presentasi yang kamu buat. Sungguh membuat nyaman saat presentasi bukan?


Naskah: Budi Susanto
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »