bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Maja,Akan di Bangun Menjadi Kota Mandiri

Diposkan oleh On 14:57:00 with No comments

Bekasi - Rencana Pemerintah membangun kota mandiri baru Maja, Lebak, Banten sampai saat ini masih mandek. Namun Perum Perumnas siap membangun kawasan residential seluas 400 hektar. Tetapi ada syaratnya.

"Program Maja ini adalah program pemerintah sejak tahun 1998. Kita siap bangun di sana dalam bentuk residential sangat bisa karena kita punya lahan di sana 400 hektar. Tetapi harus jadi dulu konsep kota mandirinya," ujar Direktur Utama Perum Perumnas Himawan Arief Sugoto saat di konfirmasi di Rusunami Grand Center Point Bekasi Jawa Barat, Rabu (19/6/2013).

Ia mengakui, mandeknya pembangunan Kota Maja dikarenakan belum maksimalnya peranan pemerintah. Sarana dan prasarana, konsep serta infrastruktur belum disiapkan secara matang oleh pemerintah.

"Pemerintah belum memaksimalkan seperti penyediaan infrastruktur, jadi konsep itu seperti apa juga belum jelas, kota mandiri seperti kota industri tertentu juga bagaiman. Jadi harus ada triger dan perencanaan seperti universitas yang banyak di sana atau dibangun cyber city. Kota mandirinya harus di tonjolkan," tuturnya.

Selain Perumnas, para pengembang lain siap membangun unit hunian jika Kota Mandiri Maja rampung. Untuk itu, ia meminta Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) untuk segera menata ulang dan merancang serta mulai membangun kota mandiri Maja.

"Dari sana akan ada dampak pembangunan hunian juga rancangan total. Banyak pengembang lainnya juga punya lahan di sana. Ini harus di koordinir oleh kementerian (Kemenpera) dan segera harus dilakukan," tegasnya.

Sementara itu Ketua Dewan Pembina dan Penasehat Real Estate Indonesia (REI) Teguh Satria saat dihubungi detikFinance memberikan alasan soal mandeknya pembangunan kota Maja sebagai kota baru. Menurutnya infrastruktur di sana cukup kurang sehingga pengembangan kota Maja tidak bisa jalan sesuai dengan perencanaan.

"Sebetulnya pertama pemerintah harus memperbaiki tata ruang yang jelas di Maja. Asing itu akan masuk jika ada infrastruktur seperti jalur kereta api double track dan jalan tol yang lebih baik. Tol Serpong dan Balaraja harus disinggungkan ke Maja sedikit lagi pengembang pasti cepat membangun kawasan itu," jelasnya.(WS)
Sent From bantencom civil journalism

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »