bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Pecandu Narkoba Akan di Rehabilitasi Gratis Jika Melapor

Diposkan oleh On 20:11:00 with No comments

Serang,bantencom - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Banten menyebutkan jumlah pecandu narkoba di Provinsi Banten mencapai 177 ribu jiwa. Jumlah ini tersebar di delapan kota dan kabupaten se-Provinsi Banten.

Untuk data di masing-masing kota dan kabupaten ada di BNN tingkat kota dan kabupaten, kata Kasi Advokasi, Bidang Pencegahan BNNP Banten, Saprudin, Jumat (28/6).

Untuk menurunkan angka pengguna narkoba di Provinsi Banten, Saprudin mengatakan, pihaknya akan menggiatkan penyuluhan dan sosialisasi ke semua tingkatan. Terutama pelajar tingkat SMP dan SMA serta pemuda.

Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut, BNNP Banten mampu mengurangi jumlah pecandu hingga 15 persen per tahun. "Harapan kami jumlahnya bisa berkurang dengan sosialisasi dan penyuluhan," katanya.

Pada Juni ini, kata Saprudin, BNNP Banten tengah melakukan program jemput bola. Caranya, seluruh pengguna dipersilahkan datang ke masing-masing Puskesmas, untuk melaporkan kondisinya. Selanjutnya pengguna yang melaporkan diri tidak akan ditahan namun, akan tetapi langsung direhabilitasi.

Untuk lama rehabilitasi, disesuaikan dengan kondisi pengguna. Mulai dari 3 bulan, 6 bulan hingga setahun. "Selanjutnya para pengguna yang sudah normal akan kami ajak untuk jadi penyuluh," ucapnya.

Saat ini di Provinsi Banten ada 10 lokasi rehabilitasi pengguna narkoba, yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Serang, RSUD Tangerang, dua Puskesmas di Kota Tangsel, dua Puskesmas di Kota Tangerang, Pondok Pesantren (Ponpes) Banisipa Pamarayan, Ponpes Darusaadah Tigaraksa, Ponpes Pabuaran Serang dan Ponpes Bani Abas Pandeglang.
  
"Di tempat itu, pengguna narkoba dibina, diberi penyuluhan. Jumlahnya memang masih minim dan harapan kami kedepan akan terus bertambah," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan  Keluarga Berencana (BPMPPKB) Kota Tangsel, Yanti Sari mengatakan,untuk mengantisipasi pengguna narkoba, pihaknya melakukan sosialisasi kepada pelajar.

Sosialisasi melalui Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) di tingkatan sekolah. Saat ini PIK-R sudah berada di tingkatan SMA dan mereka dibina untuk memberikan konseling kepada sesame pelajar tentang bahaya narkoba. (ws) 

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »