bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Pengurangan Kuota Haji Adalah Keputusan Pemerintah Arab Saudi. 1200 Jamaah Haji Banten Gagal Berangkat.

Diposkan oleh On 21:00:00 with No comments

SERANG- bantencom- "Pengurangan jamaah haji tahun 2013 sebesar 20 persen merupakan keputusan Pemerintah Arab Saudi, pemerintah, melalui presiden sudah mengirim surat untuk tidak mengurangi kuotA haji ibdonesia", Ujar H Iding, Kakanwil Depag Provinsi Banten Jum at (27/6)

Kondisi Masjidil Haram yang tengah mengalami renofasi besar besaran, membuat Pemerintah Arab Saudi memutuskan mengurangi kuota haji tahun 2013 sebesar 20 persen. Sementara usaha pemerintah Indonesia meminta agar jatah Indonesia tidak dikurangi sampai sekarang belum membuahkan hasil.

Di Banten, pengurangan jamaah haji sebesar 20 persen, membuat sekitar 1200 orang calon jamaah haji gagal diberangkatkan ke tanah suci. Pengurangan ini akan merata secara mennurun dari tingkat provinsi sampai tingkat kabupaten.

Kakanwil Departemen Agama Provini Banten, H Iding. Mengatkan bahwa pengurangan calon jamaah ahji tahun 2013 semata mata untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para calon haji. Selain persoalan pembangunan yang menjadi faktor utama, para jamaah haji tahun 2013 juga dihadapkan pada cuaca yang ekstrim" Diperkirakan suhu di Masjidil haram pada pelaksanaan tahun ini mencapai suhu 40 sampaii 45 derajat C ", ujarnya saat pers confren dengan wartawan dan tokoh agama Banten di aula kanwil Depag Banten.

"Pengurangan kuota, merupakan keputusan yang mendadak dan tidak ada konsultasi dengan negara lain", lanjutnya.

Sementara untuk pemberangkatan tetap didasarkan kepada daftar urut yang sudah ada. Untuk daftar tunggu di provinsi Banten baru akan terselesaikan pada tahun 2026 "Kita akan bekerja secara transparan, jadi siapapun bisa memantau, tidak akan ada yang berangkat kalau belum masuk ke urutanya", katanya.

Sementara bagi jamaah yang tertunda pemberangkatanya akan diprioritaskan pemberangkatanya tahun 2014, sedangkan apabila ada kenaikan harga atau pembiayaan, para jamaah yang tertunda tidak akan dipungut biaya tambahan. Sedangkan apabila ada penurunan maka pembiayaan akan dikembalikan kepada para jamaah.

Sementara potensi kerugian Pemerintah Indonesia akibat pengurangan kuota tersebut diperkirakan mencapai 800 milyar.

Kloter pertama dari Banten diperkirakan aakn diberangkatkan pada tanggal 10 September dan pembersangkatan kloter terahir pada 9 oktober. Sementara untuk pemulangan kloter pertaman diperkirakan tanggal 20 oktober dan kloter terahir pada 19 Nopember.
galih anjar wati

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »