bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Agus Tauchid ,Fluktuasi Harga Daging Jelang Puasa dan Lebaran Akibat Penimbunan

Diposkan oleh On 14:06:00 with No comments

Serang,bantencom - Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten mencatat kebutuhan daging selama bulan Ramadan hingga Lebaran mencapai 3.000 ton. "Kalau dihitung ketersediaan dan kebutuhan selama Ramadan sampai Lebaran kurang dari 3.000 ton," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten, Agus Tauchid, Selasa, 9 Juli 2013.

Agus mengatakan, ketersediaan daging untuk kebutuhan bulan puasa dan Lebaran akan tercukupi meski ketersediaannya mengalami defisit. "Kalau terjadi kenaikan harga daging jelang Ramadan dan Lebaran itu lebih disebabkan oleh permintaan pasar yang memang tinggi. Itu hukum pasar. Tapi, sepanjang kenaikan harganya masih terjangkau, kami anggap wajar," katanya.

Agus menyatakan kesiapannya dalam memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat Banten selama Ramadan hingga Idul Fitri. Akan tetapi, akibat pengaruh harga pasar pada sejumlah komoditas yang sulit dikendalikan, ketersediaan sejumlah komoditas terkesan kurang, bahkan langka. "Pada saat Ramadan dan Idul Fitri memang terjadi fluktuasi harga yang sulit dikendalikan. Salah satu yang menjadi penyakit adalah penimbunan," kata Agus.

Agus mengatakan, untuk mengantisipasi adanya penimbunan daging sapi dan sejumlah komoditas lainnya di Banten, pihaknya akan bekerja sama dengan Polda Banten beserta satuan kerja perangkat daerah terkait dalam antisipasi kecurangan dan penimbunan barang kebutuhan pokok.

"Kalau harga daging sapi naik, yang diuntungkan itu pengusaha. Tapi, kalau komoditas pangan seperti cabai merah atau bawang merah naik, yang diuntungkan itu petani, sehingga akan meningkatkan nilai tukar petani," katanya.(bc4)

Sent From bantencom civil journalism
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »