bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Amerika Ingin Rusia Mengusir Snowden

Diposkan oleh On 07:45:00 with No comments

Rusia, bantencom - Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan hubungan negaranya dengan Amerika Serikat lebih penting daripada bertikai soal kegiatan agen-agen rahasia.

Pernyataan Presiden Putin ini mengacu pada ketegangan antara Moskow dan Washington terkait analis intelijen Amerika, Edward Snowden, yang tengah mencari suaka sementara di Rusia.

"Kami sudah memperingatkan Snowden bahwa tindakan yang ia ambil, yang akan mengganggu hubungan Rusia dan Amerika, tidak bisa kami terima," kata Putin saat mengunjungi kota Chita, di Siberia, hari Rabu (17/07).

"Hubungan bilateral, dalam pandangan saya, jauh lebih penting dari kegiatan agen rahasia," tambah Putin.

Kawasan netral

Amerika ingin Rusia mengusir Snowden sehingga mantan analis untuk Badan Keamanan Nasional (NSA) ini bisa diadili di Amerika karena membocorkan rahasia negara.

Putin tidak menjelaskan apakah pemerintahnya akan mengabulkan permintaan suaka Snowden, yang saat ini berada di kawasan transit bandar udara Moskow, setelah meninggalkan Hong Kong bulan lalu.

Namun seorang pengacara di Rusia mengatakan bahwa Snowden bisa meninggalkan bandara Moskow dalam beberapa pekan ke depan.

Anatoly Kucherena, seperti dikutip kantor berita Reuters, mengatakan pihaknya yakin Snowden akan diizinkan meninggalkan areal transit bandara, yang oleh pemerintah Rusia dinyatakan sebagai kawasan netral.


Sumber : (BBC)
Sent From bantencom civil journalism
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »