bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Gempa 6,1 SR Guncang Sumatra Barat

Diposkan oleh On 13:24:00 with No comments

 
JAKARTA- bantencom- Telah terjadi gempa dengan kekuatan 6,1 SR, pada Sabtu (6/7), pukul 12:05:06 WIB, dengan koordinat 3.41 LS dan 100.26 BT. Pusat gempa pada kedalaman 36 Km berada di laut. Pusat gempa 149 km Tenggara Kepulauan Mentawai (Sumatera Barat), atau 164 km barat daya Muko-Muko (Bengkulu), atau 184 km barat daya Sungai Penuh (Jambi). Gempa tidak berpotensi tsunami.
 
Posko BNPB telah menganalisis dampak gempa. Berdasarkan peta guncangan gempa USGS, intensitas gempa di Desa Sinaka, Kec. Pagai Selatan yang berjarak 30 km dari pusat gempa sebesar VI MMI. Artinya gempa dirasakan kuat (strong). Penduduk Desa Sinaka 2.095 jiwa dan menyebar. Di Desa Bulasat, Kec. Pagai Selatan berjarak 30 km barat laut dari pusat gempa memiliki intensitas V-VI MMI atau gempa dirasakan sedang hingga kuat. Penduduk Desa Bulasat 2.017 jiwa dan menyebar. Sebagian besar wilayah Kec. Pagai Selatan adalah hutan dan berbukit.
 
Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa ke beberapa daerah terdekat. Di Sikakap Kep. Mentawai dan Pagai Utara dilaporkan gempa dirasakan lemah. Di Padang dan Pesisir Selatan gempa dirasakan sangat lemah. Di Muko-Muko dan Bengkulu Utara gempa dirasakan cukup keras selama 10-15 detik. Warga pada keluar rumah tetapi tidak menimbulkan kerusakan. BPBD Mentawai masih melakukan pengecekan di Kec. Pagai Selatan. Pagai Selatan adalah salah satu pulau dari Kepulauan Mentawai. Posko BNPB terus melakukan pemantauan dan akan dilaporkan jika ada perkembangan.
 
DR. Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB
galih anjar wati
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »