bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Gempa Aceh

Diposkan oleh On 18:49:00 with No comments

Aceh,bantencom - Di Kabupaten Bener Meriah. Mulai Nampak bangunan-bangunan yang retak akibat gempa. Semakin terus menelusup ke dalam, semakin parah dampak gempa yang terlihat. Bangunan seperti rumah, toko, masjid dan sekolah rusak, bahkan hancur.

Jika sebelumnya yang terlihat lebih sedikit bangunan yang hancur, kemudian menjadi sebaliknya saat memasuki Kabupaten Aceh Tengah. Khususnya di Kecamatan Ketol, justru hanya sedikit sisa rumah yang mampu bertahan dari guncangan gempa berkekuatan 6,2 SR pada Selasa (2/7) lalu.

Hampir 90% bangunan hancur, sebagian besar rata dengan tanah. Meskipun masih ada bangunan yang tetap berdiri, bisa dipastikan beberapa sisinya hancur.

Rumah kayu, sebagai warisan kearifan local (local wisdom) sebuah daerah seperti Aceh, terlihat paling kokoh berdiri. Namun jumlahnya sedikit, beda tipis antara mempertahankan kearifan lokal dengan kebijakan pundi-pundi kepala keluarga dalam memberikan sebuah hunian bagi keluarganya.

Nampak jelas kokohnya kearifan lokal dari guncangan cobaan yang menerpa. Diterjang gempa, mereka bertahan. Kecuali mereka yang berada di tepian jurang. Mereka ikut roboh bersama tanah pijakan yang tak kokoh.

Dingin menyelimuti malam di Aceh Tengah. Wajah-wajah penuh kebekuan pasca guncangan gempa, sedingin hati mereka memandang puing-puing kehangatan yang lenyap seketika.

Rumah adalah tempat terhangat bagi siapapun. Kemanapun kaki melangkah, rumah lah tempat kembali. Bersua keluarga, bercengkerama dengan anak dan sanak.

Kehangatan yang raib tiba-tiba oleh beberapa detik guncangan. Semakin ditatap, Suhu udara malam di Aceh Tengah, bisa mencapai 18 derajat celcius.

Kini, ketika rumah mereka menjelma menjadi puing, bencana ini ikut merenggut satu, dua, bahkan tiga anggota keluarga. (bc4)
Sent From bantencom civil journalism
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »