bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

llmuwan Deteksi Banjir Besar di Lapisan Bawah Antartika

Diposkan oleh On 19:32:00 with No comments

Leeds,bantencom - Para ilmuwan menemukan bukti adanya banjir besar di bawah lapisan Antartika. Penyebab kejadian tersebut diduga berasal dari sebuah danau di dalam lapisan tanah yang tiba-tiba longsor karena  mencair.
Hal ini berhasil dideteksi satelit pemantau ketika lapisan es setebal 2.7 km terbenam mengisi kekosongan ruang yang ditinggalkan es mencair tersebut. "Debit puncak ketika peristiwa itu terjadi lebih dari dua kali lipat laju aliran normal Sungai Thames London," kata Dr Malcolm McMillan dari Inggris University of Leeds, seperti dilansir BBC.

Kejadian itu terdeteksi dari kombinasi data yang dikumpulkan satelit ICESat dan satelit terbaru CryoSat. Keduanya, mencatat penurunan ketinggian permukaan es yang terkait dengan amblasnya lapisan es di atas obyek.

"Ini mencakup area seluas sekitar 260 km persegi, seukuran Edinburgh, dan sebanyak 70 m dalamnya," lanjutnya.

"Dari data ICESat telah terjadi perubahan elevasi yang besar, tapi baru sekarang kita mampu menggetahui skala sebenarnya dari apa yang terjadi," tuturnya.

Sebelumnya, dari pantauan satelit, akibat pemanasan global membuat perubahan iklim di kutub Bumi. Salah satunya adanya pecahan gunung es di Antartika yang hanyut hingga menuju perairan Australia sekitar Macquarie Island diikuti 100 potongan es kecil menuju arah Selandia Baru. Yang paling membuat miris adalah besarnya bongkahan gunung es yang larut terbawa arus tersebut besarnya setara dengan dua kali luas Hongkong. (Ws)

Sent From bantencom civil journalism
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »