bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Parsel Berbahaya Bagi Pejabat

Diposkan oleh On 00:37:00 with No comments

Jakarta, bantencom - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan seluruh pejabat dan Pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta untuk tidak menerima parsel saat hari Raya Idul Fitri 1434 hijriah dari kolega atau mitranya. Hal tersebut untuk menghindari adanya gratifikasi, yang dikhawatirkan berpengaruh terhadap kebijakan yang diambil.
"Tak boleh terima parsel, daripada rame nanti. Aturannya memang tak boleh, ya tak boleh," kata Jokowi kepada wartawan, Kamis (18/7).
Menurut Jokowi, larangan menerima parsel tersebut untuk menghindari permasalahan yang akan terjadi dikemudian hari seperti dugaan praktik suap.
Pada saat disumpah jabatan saja, pejabat setingkat Kepala Dinas atau Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sudah menyatakan tidak akan menerima apapun juga yang patut diduga terkait dengan pekerjaannya. Selain itu juga sudah menjadi aturan yang harus ditaati setiap tahunnya.
Jokowi menegaskan larangan tersebut sesuai Undang Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Dalam Undang Undang tersebut dengan jelas melarang pegawai negeri sipil menerima pemberian bisa berupa uang, komisi, tiket perjalanan, biaya penginapan, termasuk parcel.
Lapor ke KPK
Dalam Undang Undang disebutkan gratifikasi tidak dibatasi nilai minimalnya. Karena itu, pemberian dalam bentuk apapun tidak dibenarkan. Apabila pejabat negara menerima pemberian yang dimaksud, wajib Lapor ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menerima gratifikasi tanpa melaporkan kepada KPK sama dengan menerima suap.
Jika sudah terlanjur menerima diharapkan segera melaporkan ke KPK 30 hari sejak penerimaan gratifikasi. Pelaporan gratifikasi ke KPK cukup mengisi formulir dilengkapi data nama dan alamat lengkap penerima, tempat dan waktu penerimaan gratifikasi, serta jenis dan nilainya. Jokowi bahkan sudah memberi contoh kepada jajaran Pemprov DKI terkait barang pemberian, dengan menyerahkan gitar bass dari pemain bass Metallica, Robert Trujilo.
Sent From bantencom civil journalism
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »