bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Penggulingan Mursi Menelan Korban

Diposkan oleh On 07:19:00 with No comments

Kairo,bantencom - Korban tewas dalam kekerasan yang melibatkan pendukung Presiden Mesir Mohamed Moursi di dekat Universitas Kairo naik menjadi 16 orang pada Rabu dan 200 lainnya terluka, kata televisi pemerintah mengutip seorang juru bicara Departemen Kesehatan.

Sumber-sumber keamanan mengatakan demonstran pro-Moursi bentrok dengan pasukan keamanan. Saksi mata mengatakan mereka mendengar tembakan-tembakan dan letusan senjata api.

Presiden Moursi pada Selasa bertemu Kepala Angkatan Bersenjata Jenderal Abdel Fattah al-Sisi bersama dengan Perdana Menteri Hisham Kandil, kata kantor Kepresidenan dalam satu pernyataan. Rincian hasil pembicaraan mereka tak disebutkan.

Mereka datang sehari setelah Jenderal Sisi memberi Presiden Moursi dan lawan-lawan politiknya ultimatum hingga Rabu untuk menyelesaikan kebuntuan politik atau menghadapi solusi yang diberlakukan angkatan bersenjata. PM Kandil juga hadir pada pertemuan-pertemuan dengan Moursi dan Sisi pada Senin dan Selasa.

Sayap politik Ikhwanul Muslimin yang berkuasa telah menyerukan para pendukungnya untuk turun ke jalan-jalan menolak satu usaha angkatan darat yang seorang juru bicara membandingkan dengan kudeta yang membawa Mesir di bawah pemerintahan dukungan militer selama enam dekade.

"Ini saat paling kritis dalam sejarah Mesir - kami menghadapi saat yang sama dengan tahun 1952," kata Juru Bicara Partai Kebebasan dan Keadilan (FJP) Murad Ali kepada Reuters pada Selasa. Pada tahun itu, Gamal Abdel Nasser dan Perwira Bebas mengkudeta Raja Farouk.

"Rakyat Mesir sangat sadar bahwa ada sejumlah orang yang berusaha mendorong negara kembali ke dalam sejarah dan kembali ke kediktatoran." Jenderal Sisi mengumumkan pada Senin bahwa angkatan darat memberi waktu selama 48 jam kepada para politisi untuk menjawab tuntutan yang dibuat rakyat Mesir atau militer akan menawarkan "peta jalan bagi masa depan" yang dibuatnya sendiri.(ws)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »