bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Pipa Pertamina Terbakar

Diposkan oleh On 01:02:00 with No comments

Tasikmalaya, bantencom.com - Pipa Pertamina di Tasikmalaya, Jawa Barat, terbakar. Kebakaran dipicu percikan api dari kompresor yang digunakan untuk mengeringkan bensin yang keluar dari pipa yang bocor.


Kobaran api terus membesar setelah bocornya pipa Pertamina di Kampung Maribaya, Desa Ancol, Kecamatan Cineam, Tasikmalaya. Kebakaran yang terjadi Selasa malam sempat mengejutkan warga sekitar. 

Kebakaran diduga akibat hubungan arus pendek listrik dari mobil tangki yang sedang mengambil bensin di lokasi bocornya pipa Pertamina.

Seorang pegawai Pertamina mengalami luka bakar, akibat terkena percikan api. Mengantisipasi api meluas, petugas berusaha melokalisir daerah sekitar pipa Pertamina yang bocor. Pipa Pertamina bocor sejak Selasa dini hari.

Bensin yang keluar dari pipa menjadi rebutan warga sekitar. Belum diketahui penyebab bocornya pipa Pertamina. Diduga kebocoran akibat sabotase.

Pihak Pertamina menjamin pasokan bensin premium aman pasca ledakan pipa yang terjadi di Dusun Maribaya, Desa Ancol, Kecamatan Cineam, Tasikmalaya.

"Pasokan aman, karena wilayah Tasik bisa dicover dari Balongan, Padalarang, dan Ujung Berung," kata Vice President Corporate Comunication Pertamina, Ali Mudakir, (30/7/2013).

Pipa yang terpasang di lokasi kebakaran, jelas Ali, merupakan pipa yang diperuntukan untuk mengalirkan bensin premium dari terminal bahan bakar minyak (BBM) Lomanis ke terminal BBM di Tasikmalaya.

"Untuk sementara pasokan dari Lomanis dihentikan dulu sampai dengan selesai perbaikan di Tasikmalaya," kata Ali.

Peristiwa kebakaran dan ledakan pipa Pertamina terjadi sekitar pukul 18.05 WIB. Peristiwa diduga dipicu dari korsleting listrik saat truk menyedot premium yang keluar dari pipa bocor. Pantauan detikcom hingga pukul 22.30 WIB, api di lokasi kejadian masih belum bisa dijinakkan. Sebanyak enam unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan di lokasi kejadian. (bc4)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »