bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Sambut Ramadhan, Warga muslim Bersih-bersih Masjid

Diposkan oleh On 17:33:00 with No comments

Lampung,bantencom - Warga muslim di Masjid Assatar Kelurahan Gotong Royong dan Mushala Nurul Muslimin Kelurahan Enggal Bandarlampung, Minggu, bersama-sama membersihkan masjid dan mushala tersebut untuk menyambut Ramadhan tahun ini.
"Seperti tahun lalu menjelang bulan puasa dan Lebaran, kami melakukan kegiatan gotong royong dengan membersihkan masjid dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk keperluan Shalat Tarawih," kata tokoh agama di Kelurahan Enggal, Sohari.
Menurut dia, berpuasa merupakan aktivitas untuk menyucikan diri, sehingga seluruh tempat ibadah yaitu masjid dan mushala yang setiap malam akan digunakan untuk Tarawih harus dibersihkan terlebih dahulu.
Ia menyatakan, umat Islam setempat tidak hanya beres-beres rumah ibadah saja, tapi juga melakukan aktivitas bersih-bersih tempat tinggal masing-masing.
Khairul (35), warga Sukabumi di Bandarlampung bersama keluarga mengaku selain turut membantu membersihkan masjid, juga mempercantik rumah dengan mengecatnya sebelum datang Lebaran.
"Kami mau menyambut puasa ini dengan suka-cita dan fokus beribadah menjelang 10 hari terakhir, supaya ibadah puasanya baik," ujar dia.(bc4)
Selain aktivitas membersihkan tempat ibadah, rutinitas menjelang puasa, umat Islam biasanya melakukan ziarah kubur, dengan mendatangi makam sanak saudara yang telah mendahului mereka.
Tempat pemakaman umum di Enggal dalam sehari atau dua hari menjelang puasa biasanya ramai didatangi warga untuk berziarah ke makam sanak saudara masing-masing.
Sementara itu, penetapan awal puasa Ramadhan 1434 Hijriah bagi warga Muhammadiyah serentak akan melaksanakannya pada Selasa (9/7), dan umat Islam umumnya masih menunggu keputusan pemerintah melalui Kementerian Agama
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »