bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Update Penanganan Way Ela

Diposkan oleh On 03:31:00 with No comments

Maluku - bantencom - Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu, Senin (29/7) memimpin Rakor dan Evaluasi penanggulangan bencana bendungan Way Ela di Media Center Posko TD Desa Negeri Lima, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah.

Laporan Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku menyebutkan akibat bencana bendungan Way Ela menyebabkan 3 orang menderita luka ringan dan 3 orang hilang. Total pengungsi yang terdata sampai saat ini berjumlah 5.234 orang. Gubernur Ralahalu mendapat laporan bahwa tenaga medis disiapkan di semua titik penampungan. Begitu pula obat-obatan cukup tersedia.

Ralahalu menegaskan bahwa yang menjadi prioritas pelayanan adalah kebutuhan bayi, ibu hamil dan lanjut usia. Mengenai air bersih dilaporkan Kadis PU Maluku telah tersedia 19 buah tandon dengan 4 truk memasok air ke tandon-tandon. Tentang pipa saluran air yang terputus sepanjang 830 meter segera dipasang. P

embangunan jembatan bailey segera dibangun dengan target 1,5 bulan selesai. Penyambungan aliran listrik ke tenda-tenda pengungsi dimulai tanggal 30 juli 2013. Sedang WC darurat telah dibangun 20 unit. Kepala Balai Sungai Wilayah Maluku menjelaskan akan melakukan foto udara dalam waktu 2 minggu untuk kemudian menormalisasi hilir sungai Way Ela, Mamua, Waeti dan Wailawa. Juga akan dilakukan studi Lereng Ulahatu, pengamanan tebing hulu sungai Way Ela, pemetaan topografi, pembangunan pengamanan pantai Desa Negeri Lima, dan normalisasi hilir sungai Way Ela dengan menggunakan beton siklop.
Kepala Bappeda Maluku menjelaskan rencana lokasi pembangunan huntap seluas 30 ha terdiri 25 ha di Negeri Lima dan 5 ha di Patoi. Dari 527 KK diperkirakan setiap KK menempati area seluas 300 - 500 meter persegi. Hari ini dilanjutkan pemobilisasian masyarakat ke bekas rumahnya masing-masing untuk memasang patok/tanda. Dari jumlah 527 KK sudah 134 KK yang terdata.
Civil Journalism for Indonesia Chanel
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »