bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Gubernur Banten Terima Anugrah Pelopor Sistem Inovasi Daerah

Diposkan oleh On 23:02:00 with No comments

JAKARTA- bantencom -  Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah salah satu gubernur yang mendapatkan anugerah Pelopor Sistem Inovasi Daerah (Sida) dari 11 gubernur yang mendapatkan penghargaanang sama dari Kemenristek.
     Penyerahan anugerah Pelopor Sida tersebut langsung diserahkan Menristek Gusti Muhamad Hatta usai puncak perayaan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harkteknas) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, Kamis,29/08.
     Selain Gubernur Banten, sejumlah daerah lainnya yang menerima penghargaan tersebut diantaranya Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo,  Jawa Timur, Lampung, Kalimantan Timur, Sumatera Utara , Gorontalo, Bengkulu, Sumatera Selatan dan Sulawesi Selatan.
   Gubernur Banten dinilai layak meraih penghargaan tersebut karena,  karena sebagai  pimpinan provinsi telah memiliki sikap proaktif dan prakarsa yang tinggi dalam mempelopori pelaksanaan penguatan SIDa di Provinsi Banten.
      Penilaian kepeloporan penguatan SIDa dilakukan oleh tim gabungan dari Kemenristek dan Kemendagri. Adapun aspek yang dinilai meliputi keberpihakan gubernur dalam mewujudkan IPTEK yang mendorong daya saing daerah, sinergitas stakeholder IPTEK di daerah, prakarsa gubernur untuk mengembangkan tema-tema strategis di daerah.
Adapun dasar pengembangan SIDa, yakni Peraturan Bersama Menristek dan Mendagri Nomor 03/2012 dan Nomor. 36/2012 tentang Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa).
        Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah mengatakan, dengan diterimanya anugerah Pelopor Sida tersebut dari Kemenristek, menjadi sebuah tantangan bagi Banten untuk terus berupaya mengembangkan sisitem inovasi daerah yang akan dijadikan unggulan di Provinsi Banten diantaranya bidang ketahanan pangan, industri petrokimia dan juga produk unggulan lainnya. Pemprov Banten melalui Balitbangda dan Dewan Riset Daerah (DRD) nantinya akan bekerjasama dengan perguruan tinggi serta lembaga riset lainnya untuk mengembangkan Sida tersebut.
      "Penghargaan ini menjadi sebuah tantangan bagi kami untuk segera merealisasikan Sida ini dalam upaya meningkatkan daya saing daerah," kata Gubernur.
      Sementara itu Kepala Balitbangda Provinsi Banten Mohamad Ali Fadillah mengatakan, Banten menjadi salah satu daerah yang menjadi pelopor Sisitem Inovasi Daerah karena sudah memiliki payung hukum berupa Peraturan Gubernur (Pergub) untuk penyusunan tim kordinasi sisitem inovasi daerah. Selanjutnya tim tersebut nantinya akan segera menyusun 'roadmap' Sida, untuk menentukan produk unggulan Banten.
     "Kita akan segera menyusun 'roadmap' Sida dan menyusun cluster-cluster serta pusat produk unggulan  terutama untuk bidang ketahanan pangan, petrokimia dan pengembangan desa inovatif. Dalam satu hingga dua tahun kedepan kita segera realisasikan," kata Ali Fadillah.
        Anugerah SIDa sendiri adalah keseluruhan proses dalam satu sistem untuk menumbuhkembangkan inovasi yang dilakukan antar institusi pemerintah, pemerintah daerah, lembaga kelitbangan, lembaga pendidikan, penunjang inovasi, dunia usaha, dan masyarakat di daerah. (Humas Pemprov Banten)

Civil Journalism for Indonesia Chanel
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »