bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Gunung Rokatenda Meletus

Diposkan oleh On 11:59:00 with No comments



Kupang, bantencom.com - Gunung Rokatenda, Pulau Palue, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), 10 Agustus 2013 kembali meletus. Namun, tidak berdampak pada masyarakat yang telah mengungsi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTT Tini Thadeus mengatakan berdasarkan pengamatan gunung api Rokatenda, awan panas guguran menuju arah utara. "Tidak seperti biasanya ke arah selatan hingga ke pantai," katanya ketika menghubungi Tempo, Sabtu, 10 Agustus 2013.

Tinggi abu letusan fluktuatif antara 1500 - 2000 meter dari Puncak G. Rokatenda. Karena itu, direkomendasikan agar masyarakat tidak bermukim dan beraktivitas pada radius 3 kilometer dari puncak Gunung Rokatenda.

Gunung Rokatenda meletus sejak Oktober 2012, abu letusan tersebar dalam pulau bergantung arah angin.  diameter Pulau Palue sekitar 8 kilometer (radius 4 kilometer), saat siaga Rokatenda Masyarakat agar tidak beraktivitas dalam radius 3 kilometer.

Sebanyak 3000 Jiwa telah menyatakan kepada Pemerintah melalui BNPB siap di relokasi ke kabupaten Sikka dan Kabupaten Ende. "Ribuan jiwa yang telah dievakuasi sudah bersedia untuk direlokasi," katanya.(bc4)
Sent From bantencom civil journalism
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »