bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

KMP Nusa Abadi karam di ujung Selatan Pulau Paserang

Diposkan oleh On 14:35:00 with No comments

Sumbawa Barat,bantencom.com - Cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini membuat KMP Nusa Abadi yang melayani penyeberangan Labuan Kayangan dan Labuan Poto Tano, karam di ujung Selatan Pulau Paserang, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Butuh waktu delapan jam untuk bisa mengevakusi 144 penumpang.

"Waktu berangkat cuaca baik. Namun, sesampainya di dekat Poto Tano, cuaca tiba-tiba ekstrem," kata Kepala Satuan Wilayah Kerja Syahbandar Poto Tano Jamaluddin, Senin, 26 Agustus 2013.

Menurut Jamaludin, ketinggian gelombang di perairan Selat Alas tiba-tiba mencapai 5 meter. Tak ingin celaka, nahkoda pun memilih untuk tidak melawan arus atau memutar haluan dan kembali ke Pelabuhan kayangan. "Demi keselamatan penumpang," ujarnya.

Untuk pemberangkatan selanjutnya, kata Jamaludin, pihaknya masih menunggu konfirmasi kondisi cuaca kembali membaik.

Menurut Jamaluddin, tindakan awal penyelamatan penumpang adalah melakukan koordinasi dengan TIM SAR, Pol Airud, TNI AL dan ASDP. Selain itu, juga mengerahkan bantuan kapal besar, yaitu KMP Tandeman dan KMP Wicitra Dharma, untuk dapat merapat ke lokasi kapal yang kandas.

”Namun, karena kondisi cuaca yang begitu buruk dan menjaga keselamatan penumpang di atas kedua kapal tersebut, akhirnya kedua kapal tersebut meninggalkan lokasi menuju Pelabuhan Poto Tano,” ucap Jamaluddin.

Melihat kondisi cuaca yang tidak bersahabat, pihak Syahbandar Poto Tano kemudian mengirimkan delapan unit perahu motor dengan kapasitas muat 10 orang penumpang sekali jalan. ”Itulah jalan satu-satunya yang kita tempuh untuk lakukan evakuasi penumpang,” tutur Jamaluddin.

Seluruh muatan, di antaranya 13 unit kendaraan roda empat, 21 unit kendaraan roda dua berhasil didikeluarkan dari kapal. Sedangkan 16 orang ABK dan 2 orang penjaga kantin tetap berjaga di atas kapal.

Kapal Nusa Abadi, pada Minggu malam, 25 Agustus 2013, sekitar pukul 21.00 WITA, terdampar di Pulau Paserang, sekitar 4 mil dari Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa Barat. Kapal tersebut berangkat dari Pelabuhan Khayangan sekitar pukul 18.00 WITA menuju Labuan Poto Tano Sumbawa. Setelah menempuh perjalanan 1,5 jam, kapal terdampar.
(bc4)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »