bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Konflik keluarga Keraton Kasunanan Surakarta Kembali Pecah

Diposkan oleh On 14:25:00 with No comments

Solo,bantencom.com - Konflik keluarga Keraton Kasunanan Surakarta kembali pecah saat acara halalbihalal dan pengangkatan Tedjowulan menjadi Maha Menteri Keraton Surakarta, ditentang kerabat keraton yang tergabung dalam Lembaga Adat Keraton Surakarta.

Acara yang digelar pada Senin (26/8/2013) di Sasana Mulyo yang berlokasi di sebelah barat Kori Kamandungan tersebut akhirnya dipindahkan karena terdapat kelompok massa dari lembaga adat memblokade pintu masuk keraton dan menghalangi para undangan acara halalbihalal yang digagas oleh Raja Keraton Solo Sinuhun Paku Buwono XIII.

Pengerahan massa tersebut dibantah oleh salah satu kerabat keraton yang juga menjadi anggota Lembaga Adat Keraton, KP Edy Wirabhumi dan mengatakan bahwa anggota pencak silat tersebut memang setiap hari berlatih di sasana tersebut.

“Tidak ada pengerahan massa. Anak anak memang sering latihan bela diri di Sasana Mulya,” katanya kepada wartawan pada Senin (26/8/2013).

Edy menambahkan bahwa acara halalbihalal dan penobatan maha menteri tersebut tidak berizin dan melanggar aturan lembaga adat. “Setiap penggunaan ruangan di keraton harus berizin dan itu berlaku untuk semua anggota keraton. Gusti Moeng saja kalau mau pakai harus tulis ijin dulu,” katanya.

Sementara itu, menurut panitia acara halalbihalal dan penobatan maha menteri justru mempertanyakan kapasitas lembaga adat di keraton tersebut. “Mereka itu siapa, yang punya acara itu Sinuhun (raja) sendiri kok,” kata Juru bicara kubu Pakubuwono XIII, KRMH Bambang Pradotonagoro, kepada wartawan.

Bambang menambahkan bahwa terkait perizinan acara halalbihalal, dia justru mempertanyakan penolakan lembaga adat keraton tersebut.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »