bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Ditemukan 'bom waktu' sebesar Inggris Raya di Samudera Pasifik

Diposkan oleh On 10:06:00 with No comments

Inggris,bantencom-Satu lagi gunung berapi super besar ditemukan di bumi. Gunung berapi ini bukan hanya yang terbesar di bumi saja, namun juga yang terbesar di sistem tata surya kita.
Seperti yang dilansir oleh The Verge (5/9), para peneliti dari University of Houston telah menemukan sebuah struktur yang telah lama menghilang di bawah Samudera Pasifik. Struktur yang berbentuk gunung berapi bernama Tamu Massif ini rupanya juga memiliki ukuran tak main-main.
Masih menurut peneliti, lebarnya saja sekitar 643 km. Jika dibandingkan, maka ukuran gunung berapi ini sama lebarnya dengan kepulauan Inggris Raya dan bisa disejajarkan dengan Olympus Mons, gunung terbesar di Mars.
"Kami tahu ini merupakan sesuatu yang berapi. Masalahnya kami tak mengetahui apa yang sebenarnya ada di sana. Kami tak mengetahui strukturnya dengan jelas," kata William Sager, pemimpin penelitian.
Penemuan gunung berapi terbesar ini sendiri pertama kali dilakukan dengan menggunakan kapal untuk menuju Pasifik. Peneliti kemudian berhenti di Shatsky Rise, sebuah semenanjung yang kemudian diketahui berada dalam struktur Tamu Massif.
Menurut perhitungan, Tamu Massif diperkirakan terbentuk sekitar 145 juta tahun lalu. Jika meledak, maka lelehan magmanya akan meluber ke mana-mana.<MK>
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »