Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Gerbang Ratu Jadi Percontohan Nasional

Diposkan oleh On 17.15.00 with No comments

       
Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pemerintah Provinsi Banten meluncurkan Program Gerakan Pembangunan Rakyat Banten Bersatu (Gerbang Ratu). Program ini merupakan gerakan pembangunan infrastruktur kecamatan  yang dilaksanakan langsung oleh masyarakat yang diintegrasikan dengan  Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri, baik PNPM Mandiri Perkotaan maupun Perdesaan. "Saat ini, Gerbang Ratu dijadikan percontohan nasional karena satu-satunya program pemerintah provinsi yang diintegrasikan dengan PNPM Mandiri," kata Gubernur Banten, Hj. Ratu Atut Chosiyah, SE dalam pertemuan dengan pelaku PNPM Mandiri Perdesaan se-Kecamatan Cijaku Kabupaten Lebak di Desa Cihujan, Kecamatan Cijaku, Kabupaten Lebak, Selasa, 17 September 2013. 
          Gubernur mengatakan Gerbang Ratu dilaksanakan berdasarkan aspirasi masyarakat. Menurutnya, para kepala desa atau kelurahan di Provinsi Banten meminta peningkatan infrastruktur  di kecamatan. "Untuk memenuhi aspirasi tersebut, diluncurkan Gerbang Ratu, yang pelaksanaannya dilakukan langsung masyarakat dengan pendampingan para pelaku PNPM Mandiri," kata Gubernur.
          Gubernur juga menjelaskan, dirinya menilai bahwa pelaksanaan PNPM Mandiri di Banten berjalan dengan baik dan manfaatnya dapat dirasakan masyarakat. "Sehubungan dengan hal tersebut, Pemprov Banten melaksanakan Gerbang Ratu diintegrasikan dengan PNPM Mandiri," tambahnya.
          Sementara itu, Ketua Karang Taruna Provinsi Banten H. Andika Hazrumy menilai, Gerbang Ratu merupakan program pro rakyat yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat.  Pembangunan infrastruktur  kecamatan merupakan program yang ditunggu masyarakat  untuk meningkatkan taraf perekonomiannya. "Pembangunan infrastruktur  kecamatan meningkatkan mobilitas masyarakat, barang dan jasa diperdesaaan sehingga berpengaruh dalam peningkatan perekonomian desa," kata Andika.  
          Andika juga menilai, pelaksanaan Gerbang Ratu yang dilaksanakan langsung oleh masyarakat bermanfaat untuk mengurangi pengangguran di Banten. Setiap pekerja dalam Gerbang Ratu adalah anggota masyarakat setempat.  "Artinya, program ini menyerap tenaga kerja lokal yang dapat menopang pendapatan masyarakat," tambahnya.  Selain itu, program ini dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan di Provinsi Banten. "Untuk itu, program ini harus ditingkatkan baik kuantitas maupun kualitasnya," katanya. 
        Pendapat senada disampaikan Pengurus Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Lebak,  Hj. Bedah Marwiyah.  Bahkan,  Hj. Bedah Marwiyah meminta Pemerintah Provinsi Banten untuk terus melaksanakan program ini pada tahun-tahun yang akan datang. 
          Menurut  Kepala Desa Cihujan, Kecamatan Cijaku, Kabupaten Lebak ini, Gerbangratu sangat bermanfaat. "Karena jalan-jalan di lingkungan perdesaan yang bagus, memudahkan kami dalam mengangkut barang-barang, sehingga perekonomian masyarakat meningkat," katanya.
        Dalan kesemapatan tersebut, mewakili para kepala desa di Kecamatan Cijaku, Hj. Bedah Marwiyah melaporkan, pelaksanaan Gerbang Ratu di Kecamatan Cijaku Kabupaten Lebak berjalan baik. "Sampai saat inin secara fisik pelaksanaannya  sudah mencapai 8O persen," tambahnya.(humas provinsi banten)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »