bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Pemerintah Gagal Atasi Harga Kedelai

Diposkan oleh On 12:32:00 with No comments

Jakarta,bantencom.com - Terulangnya kasus lonjakan harga kedelai beberapa tahun terakhir membuat geram Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Kadin menganggap pemerintah gagal mengelola produksi, distribusi, dan perdagangan harga kedelai.

"Pemerintah nggak konsen, nggak tegas, bimbang. Pemerintah telah gagal mengelola produksi, distribusi, dan perdagangan, terlalu panik, istilahnya tiba masa tiba akal (menyelesaikan sesuatu dengan mendadak tanpa perencanaan)," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pemberdayaan Daerah dan Bulog Natsir Mansyur kepada wartawan Selasa (10/9/2013)

Natsir mengaku sudah bosan dan kesal dengan terulangnya krisis harga pangan khususnya kedelai. Menurutnya pemerintah harus mendukung penuh Perum Bulog untuk menguasai kembali stok kedelai di dalam negeri, yang selama ini dikuasai oleh importir.

"Pemerintah harus cari jalan keluar, Bulog harus dipayungi dengan Perpres (Peraturan Presiden)," katanya.

Menurutnya krisis harga kedelai, setidaknya sudah terjadi pada awal 2011, kemudian terulang pada pertengahan 2012, dan terjadi lagi pada Agustus tahun ini.

"Terus terang saya kesal dengan pemerintah yang masih berkutat pada masalah mendasar, lonjakan harga kedelai, daging, cabai, dan lain-lain," katanya.

Harga kedelai saat ini disebut-sebut tertinggi sepanjang sejarah di Indonesia karena sempat tembus Rp 10.000/Kg. Setiap ada lonjakan harga kedelai, direspons oleh kalangan perajin tahu tempe yang merupakan pengguna utama kedelai, dengan aksi mogok produksi.

"Jangan main-mainlah, Gita (menteri perdagangan) perlu serius. Kementerian perdagangan itu kementerian yang menangani masalah terluas, yang menentukan nasib negeri ini. Jangan main-main," katanya.(bantencom)



Overall rating
 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »