bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Sekda Banten Peringati Hari Kunjung Perpustakaan

Diposkan oleh On 15:17:00 with No comments


Serang, bantencom – Dengan Hari kunjung Perpustakaan, kita tingkatkan minat baca. Melalui membaca, Sumber Daya Manusia di Banten akan meningkat pengetahuannya. Melalui pengetahuan tersebut, maka masyarakat bisa mencari pekerjaan dengan mudah. Apabila masyarakat memiliki pekerjaan, tingkat kemisikinan di Banten akan menurun. Ujar Sekda, Ir. Muhadi, MSP, saat memberikan sambutan pada acara peringatan hari kujung perpustakaan di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Banten, Jl.Raya Jakarta-Serang Km.4 Pakupaten-Serang,Selasa,21/10.

Selain itu Sekda juga mengatakan, dalam kegiatan ini dilaksanakan pula penandatanganan kerjasama antara BPAD dengan 7 (tujuh) perguruan tinggi di Banten. Yaitu Universitas Mathla'ul Anwar, Universitas Terbuka Serang, Institut Agama Islam Negeri, UNTIRTA, UNSERA, STIE Bina Bangsa, UPI Kampus Serang dan TP. PKK Provinsi Banten, untuk pemanfaatan dan mensosialisasikan keberadaan perpustakaan kepada banyak pihak. Bahkan sampai tingkat kecamatan, desa atau kelurahan.

Pada saat ini jumlah pengunjung di perputakaan Banten perharinya mencapai 200 orang atau bahkan lebih, mudahah-mudahan dapat lebih ditingkatkan lagi, sehingga masyarakat Banten bisa bertambah wawasan dan pengetahuanya.

Perpustakaan Banten juga menerima, apabila ada masyarakat yang ingin meyumbangkan buku untuk kelengkapan perpustakaan Banten. Sehingga Perpusda Banten bisa menambah koleksi buku yang bisa dimanfaatkan bagi banyak pelajar dan masyarakat umum.

Sementara itu Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Banten, selaku Ketua Panitia mengatakan, "Tujuan dari peringatan hari kunjung perpustakaan, salah satunya yaitu untuk mempromosikan keberadaan dan pelayanan perpustakaan daerah Provinsi Banten kepada pelajar dan masarakat luas".

Perkembangan keanggotaan perpustakaan per-Oktober 2013 berjumlah 24.190 orang, dengan rata-rata pengunjung perhari 200-300 orang. Pengunjung didominasi oleh pelajar, mahasiswa dan juga masyarakat umum, menurut kepala BPAD Banten, Kurdi Matin.

Pada hari kunjung perpustakaan yang berlangsung selama 2 hari, yakni dari tanggal 22-23 Oktober. Acara itu diisi dengan beberapa kegiatan, yaitu lomba mewarnai, bedah buku, pemutaran film nasional, bursa buku dan lomba bercerita tingkat SLTA se Provinsi Banten. Tema cerita yang dibawakan adalah mengangkat cerita-cerita mengenai kearifan lokal masyarakat Banten.

Sejak tahun 2008 sampai tahun 2013, sudah 471 desa/kelurahan yang mendapat bantuan. Masing-masing 1000 buah buku dan 2 rak buku, serta pembimbingan teknis untuk para tim pengelolanya. Diharapkan dengan pola kemitraan ini, upaya peningkatan dan pembudayaan minat baca masyarakat dapat meningkat, dan mempercepat proses pembangunan sumber daya manusia di Banten. Pada kesempatan ini juga diserahkan bantuan buku kepada 50 Desa/Kelurahan.


(Bc4)
bantencom " civil jornalism" for "indonesia chanel"




Next
« Prev Post
Previous
Next Post »