bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Wakil Gubernur Hadiri peninjauan lokasi P2WKSS di kec Situ Kota Tangerang Selatan

Diposkan oleh On 16:51:00 with No comments

Tangsel, bantencom - Program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) tahun 2013 Kota Tangerang Selatan, digulirkan di Kelurahan Babakan, Kecamatan Setu. Tim Pokja Provinsi Banten melakukan penilaian terhadap program-program P2WKSS yang telah dilaksanakan oleh Kota Tangerang Selatan,Rabu,23/10.

Dalam Sambutanya Wakil Gubernur Banten, H.Rano Karno mengatakan, pemerintah saat ini memiliki berbagai program penanggulangan kemiskinan yang terintegrasi. Mulai dari program penanggulangan kemiskinan yang berbasis usaha kecil,yang dijalankan oleh berbagai elemen pemerintah dan swasta,  baik pusat maupun daerah.

Pemerintah Provinsi Banten telah menetapkan program penanggulangan kemiskinan, yaitu program bantuan sosial terpadu berbasis keluarga, program pemberdayaan masyarakat/PNPM mandiri dan pemberdayaan usaha ekonomi mikro dan kecil.

Oleh karenanya dengan program tersebut, Provinsi Banten telah menurunkan rasio penduduk miskin sampai dengan 5,85% (Sumber data susenas 2011, BPS Prov. Banten, Rasio penduduk miskin tahun 2012), hal ini menunjukkan bahwa Provinsi Banten telah konsen terhadap penanggulangan kemiskinan sesuai dengan target MDGS 2015 sebesar 7,5%.

Banyak Program penanggulangan kemiskinan yang telah dilaksanakan oleh beberapa SKPD Provinsi Banten, sebagai wujud dari kepedulian Pemerintah Provinsi terhadap penangulangan kemiskinan salah satunya yaitu P2WKSS yang rutin dilaksanakan tiap tahun, dengan adanya kegiatan PW2KSS ini diharapkan semua elemen masyarakat baik pemerintah, swasta dan organisasi masyarakat lainnya ikut berperan serta dalam membangun desa atau kelurahan yang masih jauh tertinggal, baik dibidang pendidikan, pemberdayaan ekonomi perempuan, peningkatan kesehatan masyarakat, lingkungan maupun infrastruktur lainya yang menunjang.

Lebih lanjut Wagub mengatakan bahwa tujuan dari program P2WKSS antara lain, untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan, khususnya pemberdayaan ekonomi perempuan dalam mempertahankan kesejahteraan keluarga dan dapat melaksanakan program kegiatan secara terpadu dan terintegrasi disemua sektor, sehingga dapat menurunkan angka kemiskinan disetiap desa dan kelurahan serta meningkatkan taraf hidup masyarakat yang tertinggal.

Sementara itu Walikota Tangerang Selatan, Airin Racmi Diani mengatakan,  pada tahun ini ada tujuh wilayah binaan P2WKSS. Wilayah Kota Tangerang antara lain, di Kelurahan Buaran dan Ciater Kecamatan Serpong, Kelurahan Perigi Kecamatan Pondok Aren, Kelurahan Kedaung dan Kelurahan Pondok Benda Kecamatan Pamulang, dan Kelurahan Pisangan Kecamatan Ciputat Timur. Pada tahun depan akan ditingkatkan menjadi 14 wilayah Binaan P2WKSS.

Tujuan utama P2WKSS adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan pembangunan di wilayah binaan. Sedikit demi sedikit wilayah yang tertinggal setelah digulirkan PW2KSS,  akan menjadi lebih baik. Harapan dari Pemerintah Kota Tangerang Selatan, "Bukan hasil pencapaian lomba. Tapi lebih kepada sasaran dan tepat sasarannya program P2WKSS bagi wilayah binaan", terangnya.

Banyak program yang digulirkan melalui kegiatan P2WKSS ini, diantaranya pelatihan-pelatihan, perbaikan rumah tidak layak huni, peningkatan kesehatan dan pendidikan masyarakat, Ujar Walikota, Airin Rahmi Diani, beliau juga mengharapkan kegiatan ini tidak tidak hanya seremonial saja, tetapi banyak nilai dan makna yang bisa diterapkan kepada masyarakat.

(Bc4)
bantencom " civil jornalism" for "indonesia chanel"






Next
« Prev Post
Previous
Next Post »