bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Bangunan Tanpa IMB Penyebab Banjir

Diposkan oleh On 11:50:00 with No comments

Serang, bantencom – Permasalahan penyebab banjir di sejumlah titik di jalan utama kota Serang diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Serang Hidayat, yang menduga ada sejumlah bangunan yang dibangun, tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB).

Banyak sekali gedung atau pertokoan yang dibangun sampai di atas drainase atau saluran air. Pemilik bangunan ini mengabaikan fungsi saluran drainase. Drainase yang seharusnya bisa dirawat agar mudah membersihkan sampah yang menyumbat, menjadi sulit dilakukan karena pemilik bangunan yang mengecor secara permanen saluran air tersebut.

Drainase yang makin menyempit dan tertutup sampah juga menjadi pemicu banjir. Hal ini yang akan menjadi fokus pembenahan dalam mengatasi banjir dengan membongkar bangunan yang berada di atas drainase tersebut, sehingga sampah yang menyumbat di dalam drainase bisa dibersihkan, sehingga aliran air menjadi lancar.

"Kita sudah terjunkan petugas ke pintu air untuk mengontrol aliran air. Memang terjadi sedimentasi, ditambah lagi penampungan air yang makin berkurang," jelas Hidayat, Rabu (13/11/2013) pagi, mengomentari ruas jalan di Kota Serang yang tergenang air saat hujan deras pada Selasa (12/11/2013) malam.

Jika masyarakat mengurus izin mendirikan bangunan, pihaknya akan memberikan rekomendasi agar tidak menutup daerah resapan air. "Kesadaran masyarakat juga diperlukan untuk mengatasi banjir, seperti tidak membuang sampah sembarangan," jelasnya.

Hidayat mengaku sudah memiliki detail engineering design (DED)  pembangunan drainase di Kota Serang. "Kita kerjasama dengan pihak provinsi, yakni dengan DSDAP (Dinas Sumber Daya Air dan Pemukiman) dan DBMTR (Dinas Bina Marga dan Tata Ruang) sesuai kewenangan masing-masing," terangnya.  

Sekarang, sudah dimulai pembangunan pelebaran jalan dan pembuatan gorong-gorong dari Jalan Abul Fatah Hasan hingga jalan Abdul Hadi Kebon Jahe, Serang, Banten.


(Bc4)
bantencom "civil journalism for indonesia chanel"
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »