bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Daging B2 diSita Petugas POLHUT Polda Banten

Diposkan oleh On 13:59:00 with No comments

Serang, bantencom - Satu ton lebih daging babi yang sudah dikuliti dan siap jual, berhasil disita. Penyitaan yang dilakukan petugas Kepolisian Kehutanan Polda Banten terhadap pelaku karena kedapatan membawa daging babi dengan kapasitas besar, namun tidak dilengkapi dengan surat-surat resmi dari pihak terkait.

Daging babi ini dimasukkan dalam karung berukuran besar, sebanyak 11 karung. Diperkirakan berat satu karung daging babi ini sekitar 100 kg.

Pelaku yang membawa daging babi dari Sumatera, rencananya akan dijual ke Jakarta. Pelaku  menggunakan Bus Laju Prima, Nopol B 7272 XA. Sopir bus ditangkap di rest area Bogeg Parung, Serang, Banten. Rabu, 6/11/2013.

"Daging ini dititipkan oleh seseorang di Sumatera, untuk dibawa ke Jakarta dan akan diambil oleh pemiliknya di Jakarta" kata sopir laju prima yang saat ini dijadikan saksi oleh petugas.

Dari keterangan Sopir Bus itu juga terungkap bahwa, ia sering membawa daging babi yang tidak dilengkapi dokumen itu. Ia mengaku 3 kali dalam satu minggu,  membawa daging babi dan akan diambil oleh pemiliknya di Jakarta.

Petugas Polhut juga mengatakan bahwa kasus ini terungkap berkat laporan masyarakat, sehingga perdagangan yang diduga ilegal ini dapat terungkap.

Anggota Polhut Polda Banten, Udaya mengatakan, "pelaku ini dapat diproses secara hukum dan akan dipidana, karena melanggar Undang-Undang dengan ancaman pidana minimal 6 bulan penjara.

Selain menyita daging babi ilegal, petugas juga berhasil mengamankan hewan liar dari daerah Jambi. Hewan liar diantaranya berupa Burung Jalak Liar warna Hitam, sebanyak ratusan ekor. Yang rencananya akan dijual ke pasar burung Pramuka, Matraman, Jakarta Timur.

Walaupun burung ini bukan salah satu hewan yang di lindungi, Namun karena dibawa tanpa dilengkapi dengan dokumen yang sah dari dinas terkait, maka itu melanggar undang-undang Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) yang berlaku di Indonesia.


(Bc4)
bantencom " civil jornalism" for "indonesia chanel"
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »