bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Jokowi Tanda Tangani Putusan UMP DKI Jakarta

Diposkan oleh On 11:18:00 with No comments

Jakarta, bantencom - Dewan Pengupahan telah memberikan hasil rekomendasi rapatnya kepada Gubernur DKI, Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi kemudian menyetujui hasil rapat tersebut dan menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta untuk tahun 2014 sebesar Rp 2,441 juta.

Di tahun 2013 Jokowi mematok UMP DKI dengan nilai Rp 2,2 juta. "Sudah saya terima, di situ ada dua pilihan yang disampaikan ke saya. Pengusaha meminta agar UMP sama dengan Kebutuhan Hidup Layak (KHL), sebesar Rp 2,299 juta. Sedangkan Dewan Pengupahan, berdasarkan rapat-rapat yang dilakukan secara maraton, dengan tidak dihadiri Serikat Pekerja, sebagai perwakilan dari buruh, muncul angka Rp 2,441 juta. Keputusan yang diambil, yang dari Dewan Pengupahan, yakni Rp 2.441," kata Jokowi, di Balaikota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat, (1/11/2013).

Jokowi juga mengatakan sudah menandatangi Peraturan Gubernur (Pergub) yang mengatur hal ini. Dikatakan suami Iriana ini, dia setuju UMP DKI 2014 sebesar Rp 2,4 juta, karena nilai tersebut adalah hasil keputusan resmi rapat Dewan Pengupahan. "Karena itu dari rapat Dewan Pengupahan, sudah diteken,"lanjutnya.
Atas keputusannya ini, Jokowi mengaku menerima semua konsekuensi yang ada. Termasuk bila adanya aksi buruh yang menolak keputusan ini. "Kita harapkan tidak. Namun tahun kemarin UMP DKI sudah kita naikkan hampir 50%, saya digugat juga".

"Semua ada konsekuensi, hasil akhirnya sudah diputuskan, saya ambil pertimbangan keputusan dari rapat Dewan Pengupahan," pungkasnya.

<MK/bc2>
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »