bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Relawan Terjun Langsung Kelokasi Banjir

Diposkan oleh On 01:48:00 with No comments

Jakarta, bantencom - Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Jumat (17/1) malam mengakibatkan sejumlah wilayah di Jakarta terendam banjir. Salah satunya di Kelurahan Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Banjir merendam rumah warga hingga ketinggian dada orang dewasa, Sabtu (19/1).

Lokasi yang terlihat parah di wilayah ini, yakni SMA 8 Jakarta dan sekitarnya. Debit air yang terus meningkat dan cukup deras di kawasan ini mengakibatkan jalanan ditutup sementara oleh petugas. Sejumlah kendaraan yang hendak lewat terpaksa berbalik arah.

Kondisi ini mengakibatkan sejumlah para relawan tidak dapat terjun langsung membantu korban banjir. Petugas melarang mereka masuk ke wilayah banjir demi keselamatan relawan yang berdatangan. "Tadinya kita mau masuk bantu korban banjir. Tapi sama petugas nggak boleh karena airnya deras," ujar Tere, relawan Turun Tangan yang juga pendukung Anies Baswedan itu.

Penanggung jawab pelaksana kegiatan relawan Turun Tangan, Saraswati mengamininya. "Awalnya kita hendak memberikan bantuan ke RT 5, tapi karena mengalami kesulitan untuk kesana dan petugas tidak membolehkannya, akhirnya kami menyerahkan bantuan ke ketua RT setempat," ujar Saras.

Adapun bantuan yang mereka serahkan, lanjut Saras, berupa makanan, obat-obatan, dan keperluan lain seperti air minum, pampers, sabun dan lain-lain.

Sebelumnya telah diberitakan bahwa relawan Turun Tangan ini akan melakukan aksi pembuatan Biopori sebagai langkah pencegahan banjir selanjutnya. Aksi bantu korban banjir dan istana anak untuk menghibur anak-anak korban banjir. Kegiatan yang direncanakan adalah pembuatan biopori, namun karena kondisi tidak memungkinkan, mereka membuat aksi bantu korban banjir lainnya.

"Bisa dikatakan semua rencana kita laksanakan jauh dari optimal karena banyak kendala dan tidak tepat. Untuk selanjutnya kita akan mengumpulkan sumbangan lagi, pasca banjir kita akan kembali lagi," jelas Saras.



Bc4
bantencom "civil journalism for Indonesia Chanel"
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »