bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Wacana Sodetan Ciliwung - Cisadane, Wagub Banten: "Normalisasi Fokus Utama"

Diposkan oleh On 15:30:00 with No comments

Tangerang, bantencom - Dalam penanganan banjir di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), akan dilakukan normalisasi sungai. Salah satunya Sungai Cisadane, yuang merupakan fokus   utama. Demikian dikatakan Wakil Gubernur Banten Rano Karno, saat meninjau Sungai Cisadane bersama-sama dengan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Provinsi Banten Ahmad Subadri, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, Bupati Tangerang, Ahmad Zaki Iskandar, dan Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah.di Pintu air 10 Kota Tangerang, Sabtu, 25/01.


Menurut Wagub, pihaknya mendukung setiap kebijakan pemerintah pusat, termasuk membuat sodetan Sungai Ciliwung ke Sungai Cisadane. "Namun, saat ini kita harus fokus kepada normalisasi," tandasnya. Pasalnya,   aliran Sungai Cisadane sudah mengalami sedimentasi (pendangkalan: red) yang tinggi, sehingga sudah tidak bisa menampung debit air yang semakin meningkat. Akibatnya, Sungai Cisadane kerap meluap dan membanjiri pemukiman penduduk di Kabupaten dan Kota Tangerang pada setiap musim penghujan.



Mengamini pernyataan Wagub,  dalam kesempatan tersebut Walikota Tangerang Arif R. Wismansyah mengatakan, banjir akibat luapan Sungai Cisadane pada tahun ini menggenangi 6 (enam) kecamatan di Kota Tangerang.



Sedangkan kondisi bendungan juga sudah tidak bisa diandalkan untuk menahan air sebagai upaya pengendalian banjir. Dari jumlah pintu air sepuluh hanya 8 yang berfungsi. Demikian juga pompa airnya, dari 4 pompa yang ada,  sebanyak 2 pompa kondisinya rusak.



Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memahami keresahan masyarakat Kota dan Kabupaten Tangerang, dengan adanya rencana pembangunan sodetan Ciliwung-Cisadane. Karena itu, dirinya memantau langsung kondisi Sungai Cisadane. "Setelah melihat langsung, tidak mungkin dibuat sodetan Ciliwung-Cisadane," kata Gubernur DKI yang lebih dikenal nama Jokowi ini.



Menurut Jokowi, upaya yang harus dilakukan saat ini adalah melaksanakan normalisasi Sungai Cisadane. "Sekarang, saya tidak berpikir lagi membuat sodetan. Tetapi, yang ada dalam pikiran saya adalah normalisasi Sungai Cisadane," tambahnya. ( Edi)



bantencom "civil journalism for Indonesia Chanel"




Next
« Prev Post
Previous
Next Post »