bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

137 Orang Tewas Akibat Bencana Diawal Tahun 2014

Diposkan oleh On 17:42:00 with No comments

Jawa Timur, bantencom  - Wilayah Indonesia dalam keadaan darurat. Dan saat ini baru saja terjadi melutusnya gunung Kelud di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur pada Kamis (13-2-2014) pukul 22.50 waktu setempat.

Dari letusan Gunung Kelud ini mengakibatkan hujan kerikil yang terjadi ke Simpang Lima Gumul, Pace dan Nganjuk. Serta abu vulkanik yang menyebar membuat jarak pandang di sejumlah wilayah seperti Jawa Tengah (Jateng) dan wilayah Yogyakarta menjadi terbatas.

Diperkirakan 2 orang tewas di wilayah Ngatang Magelang dan 18 orang lainnya dilaporkan masih hilang akibat letusan Gunung Kelud.

Wilayah di Indonesia sejak awal 2014 lalu rutin dilanda bencana. Mulai dari banjir Jakarta, Manado, Papua, Boyolali, Demak, Bungo (Jambi), Banjar (Kalsel), Cijengkol (Banten) dan Bekasi (Jabar). Tanah longsor di Lebak (Banten), Sukabumi (Jabar), puting beliung di Pringsewu (Lampung), Boyolali (Jateng), Karawang (Jabar). Tanggul jebol di Depok dan gempa Kebumen. Erupsi Gunung Sinabung, Karo (Sumut) belum selesai lalu disusul Gunung Kelud hari ini.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 137 orang tewas dan, 1,1 juta lainnya mengungsi akibat bencana yang terjadi di Indonesia sejak awal Januari 2014. Bencana yang terjadi juga menimbulkan kerusakan parah dibeberapa fasilitas publik di sana.

Tercatat 1.234 rumah rusak berat, 273 rumah rusak sedang, dan 2.586 rumah rusak ringan serta kerusakan infrastruktur yang lainnya, seperti jalan, saluran irigasi dan lahan pertanian, dikutip bnpb.go.id.

Bencana yang dialami Indonesia berturut-turut membuat banyak pihak prihatin dengan kondisi tersebut, sehingga banyak organisasi atau individu yang ingin membantu baik dalam sumbangan materi maupun menjadi relawan di tempat bencana.



Bc4
bantencom "civil journalism for Indonesia Chanel"
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »