bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Provinsi Banten

Diposkan oleh On 17:12:00 with No comments

Serang, bantencom  - Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Ir.H. Muhadi.MSP membuka secara resmi acara forum konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Banten tahun 2015, yang dilaksanakan di Hotel Marbela Anyer, Selasa, 11/02/2014.

Dalam sambutannya Sekda mengatakan, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 54 tahun 2010 yang merupakan penjabaran Peraturan Pemerintah nomor 8 tahun 2008 tentang tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah. Disebutkan bahwa penyusunan RKPD dilakukan melalui tahapan seperti persiapan, penyusunan rancangan awal, penyusunan rancangan, pelaksanaan musrenbang, penyusunan rancangan akhir dan penetapan RKPD.

Pemerintah Provinsi Banten melalui Bappeda Provinsi Banten, saat ini sedang melaksanakan persiapan menyusun rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2015, sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang nomor 25 tahun 2004, tentang sistem perencanaan pembangunan nasional serta undang-undang nomor 32 tahun 2004, tentang pemerintahan daerah. 

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa rencana pembangunan tahunan di daerah diwujudkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan mengacu pada Rencana Kerja Pemerintah (RKP), memuat hasil evaluasi laporan kinerja tahun lalu, isu-isu strategis, rancangan kerangka ekonomi makro daerah, prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaannya baik yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat.

Penyusunan rancangan awal RKPD 2015 juga akan mempertimbangkan isu-isu strategis Kabupaten/Kota dan juga isu serta kondisi faktual yang terjadi dilapangan saat ini.  Seperti kemiskinan, pengangguran dan penyediaan lapangan kerja, ketahanan pangan, investasi dan daya saing produk, dukungan infrastruktur untuk daya saing investasi, pendidikan untuk semua dan berbasis pasar tenaga kerja, akses dan mutu pelayanan kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan mitigasi bencana, reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan;

Dalam kesempatan ini, marilah kita bersama-sama merumuskan kira-kira tema dan prioritas apa yang paling tepat untuk RKPD Provinsi Banten tahun 2015 nanti, sehingga target-target dalam RPJMD Provinsi Banten tahun 2012-2017 yang ditetapkan dapat tercapai, harap Sekda.

Sekda menambahkan, "Kami telah merancang tema pembangunan 2015 supaya in line dengan tema pusat dan Kabupaten/Kota, silahkan dirumuskan tema dan prioritas pembangunan RKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota tahun 2015 yang tepat dan fokus sesuai harapan masyarakat.

Dalama laporanya Ir. Widodo Hadi, SP selaku panitia penyelenggara mengatakan, pelaksanaan forum konsultasi publik rancangan awal RKPD Provinsi Banten tahun 2015 bertujuan untuk membangun persamaan persepsi publik sebagai tahap persiapan penyususnan rancangan awal RKPD Provinsi Banten tahun 2015 . Dengan mengundang unsur pemerintah pusat dan instansi vertikal di daerah, unsur DPRD dan SKPD Provinsi Banten, unsur Bapeda Kabupaten/Kota, dan stakeholders yang mewakili unsur akademisi, dunia usaha, organisasi profesi, ormas, LSM, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan, insan pers serta unsur lain yang terkait. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu dari tanggal 11-12 FebruarI 2014.

Rumusan hasil forum konsultasi publik rancangan awal RKPD Provinsi Banten tahun 2015 akan dijadikan bahan masukan bagi penyempurnaan rancangan awal RKPD Provinsi Banten tahun 2015. Yang selanjutnya akan dilaksanakan penandatanganan kesepakatan hasil forum konsultasi publik antara pemerintah Provinsi Banten dengan pemerintah Kabupaten/Kota serta perwakilan dari stakeholders peserta forum, ujar Widodo.




Bc4
bantencom "civil journalism for Indonesia Chanel"


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »