bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Gerak Jalan Kerukunan Umat Beragama Provinsi Banten

Diposkan oleh On 13:39:00 with No comments

Serang, bantencom  – Wakil Gubernur Banten H. Rano Karno, SIP mendampingi Menteri Agama RI Drs. H. Suryadharma Ali, M.Si melepas peserta gerak jalan kerukunan umat beragama di Provinsi Banten, yang dilaksanakan di stadion Ciceri, Kota Serang, Sabtu,15/02.

Pada kesempatan ini turut di launchingkan wakaf uang, launching produk halal, dan launching pesantren cerdas 2015, serta melakukan bedah rumah dan bhakti sosial dibeberapa lokasi di Kota Serang

Dalam sambutanya Wagub mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas interaksi sosial antar umat beragama di Provinsi Banten, baik kerukunan intern umat beragama, kerukunan antar umat beragama maupun kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah. Disamping itu, tentunya kegiatan ini  mudah-mudahan dicatat sebagai amal kebajikan yang dapat meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Selain itu Wagub juga mengatakan dalam sambutanya, kegiatan gerak jalan kerukunan umat beragama diharapkan menjadi cerminan kerukunan di negeri yang kita cintai ini, khususnya kerukunan di wilayah Provinsi Banten. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah, baik pusat maupun daerah dalam membangun kerukunan. Upaya-upaya tersebut membutuhkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat untuk terus memelihara kesadaran akan pentingnya kebersamaan dalam masyarakat serta mengejawantahkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kerukunan mempunyai arti penting serta sangat strategis posisinya dalam suatu daerah yang sedang membangun seperti Provinsi Banten yang kita cintai ini. Kita semua sangat mendambakan kerukunan, baik kerukunan intern umat beragama, kerukunan antar umat beragama maupun kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah. Kerukunan merupakan modal utama terlaksanannya pembangunan disegala bidang, ujar Wagub.

Pemerintah Provinsi Banten memiliki komitmen yang tinggi dan senantiasa berupaya untuk mewujudkan toleransi dan kerukunan umat beragama, baik melalui pelaksanaan berbagai kegiatan maupun melalui fasilitas pembentukan forum kerukunan umat beragama (FKUB), sebagai salah satu lembaga yang diharapkan dapat berperan strategis dalam membina kerukunan beragama. Kita menyadari bahwa masyarakat Banten sangat majemuk, sehingga upaya pembinaaan kerukunan beragama harus dilaksanakan secara sistematis, terencana dan berkesinambungan, demi terwujudnya kedamaian, keharmonisan, persaudaraan dan persatuan diantara segenap elemen masyarakat Banten, agar upaya kita guna menata kehidupan ke arah yang lebih baik di Provinsi Banten, melalui pelaksanaan pembangunan yang tengah giat kita laksanakan, dapat terwujud secara optimal sebagaimana yang kita harapkan.

Sementara itu Menteri Agama RI H. Drs. H. Suryadharma Ali, M.Si. mengatakan, pada saat ini kerukunan antar umat beragama dalam kondisi baik, tidak ada masalah. Melalui gerak jalan ini diharapkan dapat memperkokoh kerukunan umat beragama di Indonesia,khususnya di Banten. Rukun harus menjadi kunci dalam berbangsa dan bernegara, tanpa kerukunan tidak ada kesatuan dan pembangunan. Kalau Indonesia rukun, tantangan seperti apapun bisa diatasi dan musuh seperti apapun bisa dikalahkan,Ujar Menag.

Pada saat ini juga kita akan melaunching wakaf uang, biasanya wakaf itu berbentuk tanah atau gedung. Hal seperti itu dilakukan oleh orang punya/kaya, sedangkan yang miskinpun ingin berwakaf, maka dengan dilaunchingnya wakaf uang ini, semua kalangan bisa berwakaf sesuai dengan kemampuanya. Menag mengharapkan agar aparatur pemerintah di Banten dapat didorong untuk memberikan wakap uangnya dari gajinya, silakan berapa saja, sesuai kemampuan masing-masing.

Pada kesempatan tersebut Kepala kanwil Kementerian Agama Prov. Banten Drs. H. Iding Mujtahidin, M.Pd dalam laporannya mengatakan, pada kegiatan gerak jalan kerukunan ini  awalnya akan diikuti oleh 20 ribu orang, karena antusiasnya Kemenag Kabupaten/Kota dan masyarakat sehingga menjadi 20,700 lebih peserta. Terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari tokoh agama Islam, Kristen, Katolik, Budha dan Hindu serta Khonghucu, tenaga pendidik dan kependidikan, siswa/santri, pegawai kemeterian agama, IAIN, ponpes dan majlis ta'lim.




Bc4 
bantencom "civil journalism for Indonesia Chanel"








Next
« Prev Post
Previous
Next Post »