bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Pasca Debat Surabaya, Elektabilitas Anies Baswedan Tertinggi

Diposkan oleh On 17:25:00 with No comments

Jakarta, bantencom  - Sehari setelah debat calon presiden (Capres) konvensi Partai Demokrat (PD) di Surabaya, elektabilitas Anies Baswedan tertinggi, mengungguli semua kandidat. Berdasarkan survei yang dilakukan PoliticaWave.com Jumat (14/2) pukul 10:08 WIB, Anies mendapatkan sentimen paling positif, 6.648 lebih unggul dari Dahlan Iskan yang hanya 4.400.

Sebelumnya, menjelang debat Capres, Kamis (13/2) Anies juga berada di puncak klasemen kandidat Capres dari PD. Berdasarkan survei PoliticaWave.com dari pembicaraan dan interaksi social media secara real time. Terpaut jauh dengan Dahlan Iskan yang selama ini langganan di posisi teratas. Kemudian disusul oleh Marzukie Alie, Pramono Edhie, dan Hayono Isman.

Polticawave.com merupakan situs yang memonitor percakapan media sosial Twitter, Facebook, blog, berita online, video YouTube, dan forum online. Ada empat kategori yang menjadi perhatian, yaitu kecenderungan tingkat pengenalan (trend of awareness), elektabilitas Capres (candidat electability), pembagian tingkat pengenalan antar Capres (share of awareness), dan pembagian pengguna sosial media (share of citizen).
Dari keempat kategori tersebut, menempatkan Anies di posisi teratas untuk elektabilitas Capres. Sedangkan untuk kategori lainnya, Anies hanya masuk di empat besar.

Untuk elektabilitas, ada empat acuan yakni net sentiment , Earned Media Share of Voice by Sentiment (EMSS), Net Reputation (NR), dan unique user. Net sentiment adalah ukuran sentimen positif. Sementara EMSS adalah perbandingan antara mention positif atau negatif dengan jumlah user. Kemudian, NR adalah nilah bersih dari bilangan reputasi brand (kandidat) di dalam media sosial. Sedangkan unique user adalah jumlah unit pemilik/pengguna akun.

Mengacu pada empat hal di atas, Anies mendapatkan net sentiment 6.648; EMSS 42,47; NR 97,68,  dan unique user 2.812. Lebih unggul dari Dahlan yang berada di posisi ketiga dan mendapatkan net sentiment 4.400; EMSS 20,42; NR 62,18,  dan unique user 2.761. Sementara itu di posisi kedua adalah Marzuki Alie, dengan net sentiment 749; EMSS 26,99; NR 70,46,  dan unique user 3.488. Berkebalikan dengan Anies, Gita Wirjawan justru mendapat sentimen paling negatif sejak kemarin, dengan net sentimen 552; EMSS 19.69; NR 99,45 dan unique user 7.055.


Bc4 
bantencom "civil journalism for Indonesia Chanel"





Next
« Prev Post
Previous
Next Post »