bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Anggota Dewan Yang Gagal Terpilih Kembali, Bolos Sidang

Diposkan oleh On 00:26:00 with No comments


Serang, bantencom - Rapat paripurna penyampaian nota pengantar Laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) tahun anggaran 2013, Senin (21/4/2014). Kondisi dalam ruangan sidang terlihat lenggang, karena banyak kursi yang seharusnya di duduki anggota dewan kosong. Padahal rapat LKPj ini meupakan agenda penting bagi anggota dewan yang mewaki;li rakyat banten untuk melaksanakan fungsi kontrolnya terhadap pemerintahan Banten.

“Jumlah anggota dewan sebanyak 85 orang, namun ya
ng hadir 56 dimana 29 wakil rakyat itu tidak hadir (Bolos),”  ungkap salah staf Bagian Risalah dan Persidangan, Sekretariat DPRD Provinsi Banten, yang enggan disebut namanya kepada wartawan.

Menanggapi hal tersebut, pengamat politik dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten, Ikhsan Ahmad mengatakan ketidakhadiran anggota DPRD Banten tidak bisa dilepaskan dari fenomena menang kalah di pemilihan legislatif kemarin.

“Kinerja dan tanggungjawab mereka terhadap masyarakat dan bangsa masih terjebak pada idealisme dan heroisme yang bersifat materi. Buat apa hadir? Jika sudah bisa dipastikan tidak terpilih kembali,” ungkap dosen FISIP Untirta ini kepada wartawan yang meliput kegiatan sidang tersebut.

Lebih lanjut Ikhsan menyoroti secara khusus ketidak hadiran anggota dewan dari fraksi Demokrat yang memang sebagian besar menyumbang kosongnya kursi ruang paripurna. Dari total 18 anggota fraksinya, hanya 8 orang yang hadir sementara 10 lainnya absen.

Memang dari 18 anggota fraksi Demokrat tersebut sebagian besar gagal dalam pemilihan anggota legislatif . dari Sepuluh orang mencalonkan diri kembali untuk DPRD Banten hanya Satu orang yang berhasil terpilih kembali sebagai anggota dewan.

Sementara 5 orang anggota lainnya mencalonkan diri kepada DPR-RI gagal semua. 2 lainnya menjadi caleg di DPRD kabupaten/kota juga gagal dan seorang lagi memilih istirahat dari dunia politik.
“Ketidakhadiran para wakil rakyat dari demokrat menjadi cermin atas kekalahan mereka dalam pemilu 2014, baik secara nasional maupun lokal,” imbuh Ikhsan.
Berikut rincian kehadiran fraksi-fraksi DPRD Banten:

1. Demokrat hadir 8, absen 10
2. Golkar hadir 6, absen 7
3. PKS hadir 10, absen 1
4. PDIP hadir 9, absen 2
5. Hanura hadir 6, absen 0
6. PPP hadir 4, absen 1
7. Gerindra hadir 3, absen 2
8. PKB hadir 3, absen 2
9. Bulan Bintang Peduli Bangsa (B2PB) hadir 4, absen 1
10. Amanat Reformasi Daulat Umat (ARDU) hadir 3, absen 2.



bc4



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »