bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Rano Karno Sidak Pelaksanaan UN 2014

Diposkan oleh On 12:56:00 with No comments

Pandeglang, bantencom - Wakil Gubernur Banten Rano Karno meninjau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di 3 sekolah yang berada di Kabupaten Pandeglang, Banten. Yakni, SMA 1 Pandeglang, SMK 2 Pandeglang, dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pandeglang.
"Alhandulillah, pelaksanaan UN bisa berjalan lancar, dan ini sudah menjadi bagian baik bagi kita. Karena bulan ini kegiatan sangat padat. Setelah Pileg, sekarang disibukkan dengan UN," kata Rano usai memantau pelaksanaan UN di MAN Pandeglang, Banten, Senin (14/4/2014).
Selain itu wagub Banten ingin memberikan motivasi kepada seluruh siswa peserta UN agar memiliki jiwa enterpreneurship atau kewirausahaan. "Jiwa kewirausahawan sudah harus kita siapkan dari sekarang, karena 2016 akan ada persaingan asia trade. Mari kita bangun pertanian, agar bisa bersaing dengan pertanian asing," ujarnya.
Selain itu, Rano berharap tingkat kelulusan siswa di Provinsi Banten mampu mencapai 100%. Sementara menanggapi kebocoran soal maupun lembar jawaban, Rano mengatakan akan terus memantau pelaksanaan UN hingga selesai pelaksanaannya. "Tidak ada kebocoran soal dan kunci jawaban," tegasnya.
Terkait tingginya tingkat kelulusan di Banten yang akan menambah jumlah pengangguran, Rano mengakui, pembangunan di Banten belum terfokus. "Bantuan dana partisipasinya dari provinsi ke kabupaten atau kota itu cukup besar, tapi belum fokus."
Sementara pada tahun 2014 ini, sebanyak 121.776 siswa SMA/MA/SMK se-Provinsi Banten, akan mengikuti ujian nasional (UN) tahun 2014 yang dimulai  Senin (14/4) ini. Jumlah peserta  UN tersebut, terdiri atas 45.459 siswa SMA, 16.353 siswa MA dan 59.964 siswa SMK.
Dinas Pendidikan Provinsi Banten mengimbau peserta UN agar tidak mudah  percaya apabila ada oknum yang mengiming-imingi bocoran kunci jawaban."Kami imbau siswa jangan percaya. Itu justru akan mengacaukan konsentrasi mengerjakan soal UN. Jangan tergiur, karena itu pasti tidak benar," tegas  Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten, Hudaya Latuconsina,  ketika dihubungi,  Minggu (13/4).
Hudaya  mengatakan, apabila  ada yang menemukan indikasi kecurangan berupa kebocoran soal atau kunci jawaban, bisa ditindaklanjuti kepada pengawas.  "Kalau terjadi kecurangan, prosedur untuk melaporkan ke pengawas yakni  menunjukkan identitas diri pelapor, disertai bentuk, tempat, waktu, pelaku, bukti dan saksi pelanggaran.
"Jika menemukan adanya kecurangan atau pelanggaran, lebih baik segera dilaporkan  ke pengawas untuk segera ditindaklanjuti," ujar  Hudaya.
Sementara terkait  distribusi naskah soal UN, Hudaya  menyatakan sejauh ini tidak ada laporan adanya hambatan atau persoalan. "Distribusi soal UN  berjalan lancar. Naskah soal sudah terdistribusi ke sub rayon sekolah. Besok pagi (Senin, 14/4), sekolah baru mengambilnya untuk dibagikan saat ujian," jelasnya.
Berdasarkan laporan, ungkap Hudaya, naskah soal UN sampai ke masing-masing kabupaten/kota sekitar pukul 07.00 WIB dan pukul 12.30 WIB sudah diterima masing-masing sub rayon sekolah.
Karena itu, Hudaya menyampaikan kepada pihak panitia UN pada masing-masing sekolah, apabila diketahui ada persoalan terkait dengan naskah UN, agar melakukan langkah-langkah sesuai prosedur operasional standar (SOP) yakni apabila kekurangan soal atau tertukar, maka bisa meminta naskah soal ke sekolah penyelenggaran UN terdekat. Namun demikian, kata dia, jika jarak tempuh mengambil soal ke sekolah penyelenggara UN terdekat membutuhkan waktu minimal 1 jam, maka caranya mengambil satu soal ke ruang ujian lain untuk kemudian difotokopi   dengan lembar jawabannya.
Hudaya berharap pelaksanaan UN tahun 2014 ini  berjalan lancar dan tertib. Ia menyatakan siswa peserta UN juga diharapkan mematuhi tata tertib ujian,  di antaranya  tidak membawa telepon genggam ke ruangan ujian.
"Pelaksanaan UN akan diawasi per ruangan dengan 2 orang pengawas serta setiap 4 ruangan diawasi pengawas dari perguruan tinggi. Rencananya Wakil Gubernur Banten Rano Karno akan memantau pelaksanaan UN di SMAN 1 Pandeglang, MAN Pandeglang dan SMKN 2 Pandeglang," jelasnya. (Foto by traskota / EZ)
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!











Next
« Prev Post
Previous
Next Post »