bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Sutrisno Bachir Mengaku Tidak Tahu Yang Membeli Aset nya Itu Wawan

Diposkan oleh On 13:31:00 with No comments

Jakarta, bantencom -Sutrisno Bachir mengakui bahwa dirinya menjual asetnya pada tahun 2007 lalu ternyata pembelinya adalah Tubagus Chaeri Wardana alias TCW, tersangka kasus penyuapan Akil Muktar dalam sengketa pilkada Lebak. Diduga uang yang digunakan untuk pembelian aset Sutrisno Bachir dari hasil korupsi.

"Jadi saya ini bagian dari sekian saksi untuk melancarkan tugas KPK," kata Soetrisno, selepas pemeriksaan di gedung KPK. Ia mengatakan, memberi keterangan kepada penyidik mengenai aset berupa tanah bangunan yang dia miliki bersama eks Menteri Keuangan Fuad Bawazier.

Lebih lanjut, Soetrisno mengatakan, menjual aset di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, sekitar 2007. Penjualan itu melalui perantara pihak properti. "Kemudian ternyata yang beli Pak Wawan. Kejadian 2007, harganya kira-kira Rp 1,8 miliar," kata dia.

Namun, Soetrisno mengaku, tidak mengetahui pembeli saat itu adalah Wawan, adik Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. Wawan saat ini sudah menjadi tersangka dalam beberapa kasus yang ditangani KPK. Soetrisno memberikan dukungan bagi penyidik lembaga antirasuah itu untuk menyita aset apabila terindikasi dananya berasal dari hasil korupsi. "Kalau memang itu hasil korupsi ya segera disita," kata dia.

Soetrisno mengatakan, tidak ada transaksi lain yang terkait dengan Wawan. Keterangan Soetrisno ini selaras dengan Fuad ketika usai menjalani pemeriksaan di KPK, Senin (14/4). Fuad saat itu mengatakan, menjual tanah seluas 443 meter persegi kepada Wawan. Aset itu merupakan kepemilikan bersama dengan Soetrisno.

KPK semula menetapkan Wawan sebagai tersangka kasus dugaan penyuapan penanganan perkara sengketa Pemilukada Lebak di Mahkamah Konstitusi (MK). Wawan kemudian menjadi tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan di Kota Tangerang Selatan dan Provinsi Banten. Dalam pengembangan di tahap penyidikan kasus tersebut, Wawan menjadi tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana pencucian uang.



Bc4
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »