bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Angka Kelulusan Siswa SLTA di Banten Meningkat

Diposkan oleh On 16:30:00 with No comments

Serang, bantencom - Angka kelulusan siswa SLTA baik SMA, MA maupun SMK tahun 2014 meningkat dibanding sebelumnya. Kenaikan persentase kelulusan siswa SMK tahun lalu 99,95 persen, tahun ini naik 1 persen menjadi 99,96 persen. Sedangkan Persentase kelulusan SMA/MAmencapai 99,81% meningkat dari tahun lalu sebesar 0,47 persen dengan tingkat kelulusan 99,48%.
Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten Hudaya Latuconsia Senin, (19/5/2014). "Ini berarti ada kenaikan persentase kelulusan dibanding tahun lalu," katanya.
Sementara jumlah siswa SMA, MA dan SMK  yang tidak lulus Ujian Nasional (UN) tahun 2014 sebanyak 139 siswa.  Jumlah ini menurun dibandingkan tahun 2013 yang mencapai 335 siswa.
139 siswa yang tak lulus UN, terdiri atas 118 siswa SMA/MA, dan 21 siswa SMK. “Tingkat kelulusan pada tahun ini pada dasarnya lebih baik dari tahun lalu, “ jelas Hudaya.
Ia mengungkapkan, untuk keluluasn UN siswa SMK dari jumlah peserta 59.540 siswa yang tidak lulus sebanyak 21 siswa (0,04 %). Mereka berasal dari Kota Serang sebanyak 3 siswa, Kota Tangerang 4 siswa,  Kota Cilegon 1 siswa, Kota Tangsel 6 siswa,  Kabupaten Serang 2 siswa, dan Kabupaten Tangerang 5 siswa.
Sedangkan untuk SMA/MA, siswa yang tidak lulus UN sebanyak 118 siswa  dengan persentase 0,19 %. Mereka berasal dari Kota Serang 1 siswa, Kota Tangerang 8 siswa, Kota Cilegon 2 siswa,  Kota Tangsel 7 siswa, Kabupaten Serang 11 siswa, Kabupaten Pandeglang 7 siswa, Kabupaten Lebak 37 siswa,  Kabupaten Tangerang 45 siswa.
Ia menekankan pihak Dinas Pendidikan kabupaten/kota maupun sekolah tidak terjebak pada angka dan tingkat kelulusan. “Sekarang ini, sudah harus berpikir, bagaimana meningkatkan pendidikan para lulusan SLTA,” katanya.
Hudaya menjelaskan, siswa yang dinyatakan tidak lulus masih memiliki kesempatan untuk mengikuti ujian paket C pada Agustus mendatang.
Menurut dia,  siswa yang tidak lulus UN, memang tidak bisa mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN), yang saat ini proses pendaftarannya sedang berlangsung. Namun ijazah hasil ujian Paket C tersebut, kata dia,  bisa digunakan untuk mendaftar dalam ujian mandiri yang diselenggarakan perguruan tinggi negeri, atau seleksi masuk di perguruan tinggi swasta.
“Ijazah Paket C juga dapat digunakan untuk melamar pekerjaan yang menyaratkan kualifikasi pendidikan lulusan SMA/SMK,” katanya.
Hudaya menyampaikan,  pihak sekolah akan mengumumkan kelulusan siswa pada Selasa (20/5) hari ini. “Kami sudah kirim data kelulusan UN siswa kepada Dinas Pendidikan kabupaten/kota untuk disampaikan ke masing-masing sekolah. Pihak sekolah yang akan menentukan kelulusan siswa,” katanya.
Menurut dia, mengenai mekanisme penyampaikan kelulusan siswa diserahkan ke masing-masing sekolah. “Apakah diumumkan langsung atau tidak, itu kewenangan masing-masing sekolah,” jelasnya.
Ia mengimbau kepada  sekolah agar mengingatkan siswa untuk tidak berlebihan dalam merayakan kelulusan.  “Jangan sampai coret-coret seragam atau konvoi kendaraan yang mengganggu lalu lintas jalan,” ingatnya.
Diketahui, tahun 2014, UN tingkat  UN SMA/MA/SMK berjumlah 121.776 siswa terdiri atas 45.459 siswa SMA, 16.353 siswa MA dan 59.964 siswa SMK.(Adv)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »