bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Disdik Banten Gelar O2SN SMA dan SMK

Diposkan oleh On 19:31:00 with No comments

Serang, bantencom - Dalam rangka menjaga kebugaran jasmani dan pembentukan sikap sprotivitas para siswa, khususnya siswa Sekolah Menengah Kejuruan, sebagai generasi muda calon penerus bangsa, Dinas Pendidikan Provinsi Banten mengagendakan kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Tingkat Provinsi (O2S) yang diselenggarakan setiap tahunnya melalui Seksi Bina SMA dan SMK.
Dan untuk 2014 Disdik Banten kembali mengelar Olimpiade Olahraga Siswa SMA dan SMK serta Lomba Bahasa Siswa SMK Tingkat Provinsi Banten Tahun 2014 yang berlangsung dari tanggal14-17 Mei.
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten, Hudaya Latuconsina mengatakan, kegiatan Olmpiade Olah Raga Siswa Nasional (O2SN) SMA dan SMK serta Lomba bahasa siswa SMK tingkat Provinsi Banten tahun 2014 ini diharapkan memberikan manfaat positif dan wawasan baru bagi kita semua dan dunia pendidikan di Banten.
“Selain itu saya juga berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan sikap positif serta mampu  mengembangkan pengetahuan dalam segala hal bagi anak-anak sesuai dengan tahapan perkembangannya secara kreatif,” ujar Hudaya.
Menurutnya, kegiatan O2SN wadah untuk berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif bagi peserta didik dengan mengedepankan sikap sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.
“Kegiatan ini dapat mengembangkan olahraga pendidikan dan ekspresi seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik. Membina, meningkatkan kreativitas, dan memotivasi peserta didik untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya.,” papar Hudaya.
Kegiatan ini juga bisa menumbuhkan sikap sportivitas dan kompetitif peserta didik sejak dini yang merupakan bagian dari pendidikan karakter, serta meningkatkan kemampuan bersosialisasi peserta didik. Mendorong siswa berpikir kritis, rasional dan kreatif sebagai warganegara. Selain itu juga dapat menanamkan sikap nasionalisme demi membangun dan mempertahankan keutuhan bangsa dan negara.
” Dengan kegiatan ini diaharapakan siswa berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya,” ujar Hudaya.
Hudaya berharap, dengan dilaksanakanya kegiatan O2SN SMA dan SMK serta lomba bahasa siswa SMK tingkat Provinsi Banten tahun 2014 ini, dapat memberikan kontribusi yang positif, serta menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan di Provinsi Banten.
“Mudah-mudahan segala daya dan upaya yang kita lakukan selalu mendapat ridho dan bimbingan dari Allah, serta memenuhi target pemerintah dan harapan masyarakat, khususnya masyarakat Banten,” harapnya.
Sementara itu, Ketua Panitia O2SN serta lomba bahasa siswa SMK 2014 tingkat Provinsi Banten Heryanto menjelaskan, kegiatan O2SN akan memperlombakan beberapa cabang olah raga.
Adapun Lomba Bahasa Siswa SMK adalah kegiatan unjuk kemampuan para siswa SMK terbaik dari seluruh Perwakilan Kabupaten/Kota di Provinsi Banten dalam mengkomunikasikan ide dan pikirannya dalam Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Mandarin, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Korea dengan menggunakan cara berpikir yang logis dan rasional serta cara berbicara yang bertata krama dan santun.
“Dengan kemampuan berpikir logis dan rasional serta kemampuan mempresentasikan ide dan pikiran secara beradab diharapkan mereka akan bisa berinteraksi dengan penuh rasa percaya diri di hadapan bangsa lain,” jelas Heryanto.
Menurutnya, adapun hasil yang diharapakan dari kegiatan ini adalah, meningkatnya kemampuan dan kreatifitas peserta didik dalam menumbuh kembangkan generasi emas melalui lomba O2S bagi Siswa SMA dan SMK serta Lomba Bahasa Siswa SMK Tingkat Provinsi Banten dalam mensukseskan terbentuknya generasi yang cerdas, sehat, tangguh, kompetitif dan sejahtera di masa kini dan mendatang.
“ Serta terseleksinya putra puteri terbaik tingkat Provinsi Banten sesuai dengan jenis dan cabang lomba yang diikutinya, sebagai duta Banten untuk event lomba yang sama di Tingkat Nasional tahun 2014 yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Juni mendatang, ujar Heryanto.
Heryanto mengatakan, kegiatan O2SN SMA dan SMK serta lomba bahasa siswa SMK tahun 2014 diikuti oleh peserta 970 orang. Untuk O2SN SMA dikuti oleh sebanyak 371 orang yang terdiri dari peserta, pendamping, juri, dan ketua kontingen.
Untuk O2SN SMK 432 orang terdiri dari peserta, pendamping, juri, dan ketua kontingen.Sedangkan untuk  Lomba Bahasa SMK peserta, pendamping, juri, dan ketua kontingen sebanyak 167 orang.
Menurutnya, untuk O2SN SMA akan memperlombakan 6 cabang olahraga, yaitu Karate,Pencak Silat, Bulutangkis, Tenis Meja,Catur, dan Atletik. Dan untuk SMK melombakan 5 cabang olahraga,yaitu Basket, Volly, Tenis Meja, Bulutangkis, dan Catur. Adapun bahasa yang dilombakan dalam Lomba Bahasa siswa SMK adalah,Bahasa Indonesia, Inggris, Mandarin, Jepang, dan Bahasa Korea.
“Kegiatanya ini akan berlangsung dari 14 – 17 Mei 2014. Adapun tempat perlombaanya dilakukan di Hotel Jayakarta,  Hotel Marbella, GOR ASA Sport Center Cilegon, Hall Mutiara Bunda Cilegon,” jelas Heryanto. (Adv)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »