bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Pemprov Banten Peringati Hari Kesehatan Dunia

Diposkan oleh On 14:00:00 with No comments

Serang, bantencom - Dalam rangka memperingati hari kesehatan (HKS) dunia, jajaran pejabat serta para pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten  menggelar senam bersama bertempat di lapangan KP3B, curug Kota Serang Selasa, (13/05/2014).
Peringatan HKS dimeriahkan dengan senam bersama para pegawai dan masyarakat difokuskan pada kampanye pengendalian penyakit tular vektor  yang menyebabkan masalah kesehatan masyarakat. Acara ini diikuti Plt Gubernur Banten Rano Karno.
Dalam acara ini Rano menyerahkan Sertifikat Eliminasi Malaria bagi enam kab/kota di Banten yaitu Kabupaten Serang, Kota Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan yang telah mendapat sertifikat eliminasi malaria di antara sejumlah 200 kab/kota se Indonesia dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI.      
wagub melalui sambutannya menyampaikan, saat ini Banten sedang mengupayakan dua kabupaten lagi yang tersisa yang belum mendapat sertifikat eliminasi karena dianggap belum terbebas dari kasus malaria indigenous selama 3 tahun berturut-turut.
Kedua kabupaten itu adalah Kabupaten Pandeglang dan Lebak. "Secara nasional sesuai dengan keputusan Menteri Kesehatan no. 293/menkes/sk/iv/2009, sedangkan untuk provinsi Banten telah diprogramkan target eliminasi terbebas dari malaria sampai tahun 2015," jelas Rano.
    
Lebih lanjut Rano menerangkan bahwa keberhasilan pengendalian penyakit tular vektor sangat ditentukan oleh kemitraan antar anggota masyarakat dan kemitraan antara pemerintah serta ditunjang komitmen seluruh jajaran pemerintah di kab/kota serta dukungan seluruh lapisan masyarakat termasuk organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi dan organisasi keagamaan serta kalangan swasta.      
Rano menerangkan, secara bertahap enam kabupaten/kota telah berhasil mencapai eliminasi melalui pengukuhan Kemenkes RI sebagai kab/kota eliminasi malaria.
"keberhasilan tersebut merupakan bukti bahwa Provinsi Banten telah mampu melakukan eliminasi malaria yang merupakan salah satu sasaran dari millenium development goals (Mdgs)," katanya.    
Rano berharap, melalui momentum peringatan HKS agar jajaran kesehatan  terus melakukan langkah-langkah yang efektif serta nyata dalam pemberantasan penyakit malaria.  
"Paling tidak saya menginstruksikan tiga hal kepada dinas terkait yaitu tingkatkan pendidikan atau edukasi, sosialisasi dan advokasi kepada masyarakat luas melalui berbagai cara dan media, kedua meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas kesehatan. dan  menghimbau keada masyarakat supaya memelihara lingkungan yang bersih dan sehat," katanya.  
Sementara itu Plt Kepala Dinas Kesehatan Banten, M Yanuar mengatakan, saat ini gerakan intensifikasi pengendaian malaria telah dikembangkan melalui kemitraan dengan komponen masyarakat. 
Sedangkan persiapan Banten dalam mencapai eliminasi malaria telah difokuskan kepada dua kabupaten/kota yang belum mencapai target yaitu Pandeglang dan Lebak dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) bidang kesehatan, pembentukan Pos Malaria Desa (POSMALDES).
Selanjutnya, pengobatan penderita malaria serta melakukan follow up untuk memantau keberhasilan pengobatan, mengacu pada rumusan pengobatan WHO menggunakan pengobatan kepada penderita dengan terapi kombinasi artesunate yang lebih memungkinkan penderita malaria untuk sembuh secara total. 
Hadir pula mengikuti acara ini Sekertaris Daerah (Sekda) Banten Muhadi juga beberapa kepala daerah kab/kota antara lain Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi, wakil Walikota Tangerang syahrudin, dan Wabup Tangerang hermansyah.(Adv)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »