bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Workshop Bahan Ajar Seksi Kelembagaan Dinas Pendidikan Provinsi Banten "Limbah Plastik Jadi BBM"

Diposkan oleh On 17:07:00 with No comments

Serang, bantencom - Pendidikan merupakan aktivitas yang khas bagi manusia dalam suatu komunitas masyarakat dengan tujuan untuk memanusiakan manusia, dan merupakan instrument penting bagi pemberdayaan masyarakat.
Secara budaya, selain sebagai alat untuk transfer norma-norma masyarakat, pengetahuan dan kemampuan manusia, pendidikan juga sebagai alat untuk mengkaji dan menyampaikan ide-ide dan nilai-nilai baru.
Dengan demikian, lembaga pendidikan tentu saja merupakan sarana sosiaisasi sekaligus transfer niai dan norna yang berlaku dalam masyarakat, termasuk nilai berbasis kearifan lokal.
Nilai dan norma tersebut ditransfer secara lugas maupun secara latihan, baik melalui buku-buku teks yang digunakan maupun pada suasana dan proses pembelajaran.
Dalam perannya untuk meningkatkan mutu dan kualitas demi terwujudnya cita-cita masyarakat Indonesia yang cerdas dan berbudaya, Dinas Pendidikan Provinsi Banten menggelar workshop penyusunan bahan ajar pendidikan keterampilan penolahan limbah khususnya plastic dan kain. Bahan ajar ini dibuat secara khusus dengan sasaran peserta didik. Kekhususan dalam hal ini, ada pada materi pendidikan yang mengandung keterampilan dari limbah plastic dan kain diubah menjadi punya nilai ekonomi.
Dalam menyusun bahan ajar keterampilan ini, kasi kelembagaan Dinas Pendidikan Provinsi Banten melibatkan unsur praktisi pendidikan kursus, aktifis pendidikan dan unsur masyarakat lainnya, hal ini dengan harapan demi tercapainya dan menciptakan keselarasan ide sebagai bangunan muatan lokal secara khusus dalam kurikulum, maupun menjdi bagian dari kurikulum yang telah ada pada pendidikan kursus di Provinsi Banten.
Bahan ajar ini sebagai salah satu upaya meningkatkan mutu, relevansi dan daya saing lulusan kursus dan pelatihan serta satuan pedidikan nonformal lainnya sesuai dengan standar nasional pendidikan.
Diharapkan bahan ajar ini dapat memberikan manfaat dan memenuhi kebutuhan peserta didik serta mudah diperoleh sehingga proses pembelajaran diharapkan dapat berhasil dengan baik.
Kebijakan penyusunan bahan ajar agar kursus dan pelatihan merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh dinas pendidikan provinsi banten agar kegiatan pembelajaran pada lembaga kursus dan pelatihan serta satuan pendidikan nonformal lainnya dapat didukung oleh tersedianya bahan ajar sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Disamping itu bahan ajar diharapkan mudah diperoleh sehingga diharapkan proses pembelajaran dapat berhasil lebih baik dan efektif.
Bahan ajar ini merupakan sarana untuk lebih mengoperasionalkan substansi kurikulum berbasis kompetensi pada masing-masing jenis keahlian. Harapanya adalah agar pada kursus dan pelatihan serta satuan penidikan nonformal lainnya lebih cepat dalam menguasai materi pembelajaran penerapan bahan ajar yang relevan dan kontekstual dengan kebutuhan peserta didik. Ini akan sangat membantu mereka dalam mempersiapkan diri di masyarakat.
Bahan ajar ini membantu penyelenggaraan kursus dan pelatihan serta pendidikan nonformal lainnya untuk mempersiapkan pendidik yang mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis, serta didukung oleh tersedianya sarana dan prasarana yang memenuhi kebutuhan pembelajaran. Bahan ajar ini akan menjadi salah satu media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kinerja lembaga-lembaga kursus dan pelatihan serta satuan pendidikan nonformal lainnya.
( Advetorial )

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »