bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Plt.GUBERNUR HADIRI PERAYAAN PEH CUN

Diposkan oleh On 14:28:00 with No comments


KOTA TANGERANG, bantencom – Plt.Gubernur Banten-H.Rano Karno, Senin (2/6/2014), menghadiri perayaan Peh Cun yang dirayakan oleh warga keturunan Cina di Kota Tangerang, atau lebih dikenal dengan sebutan Cina Benteng yang berada di bantaran Kali Cisadane, Kota Tangerang.
Perayaan Peh Cun digelar satu tahun sekali ini sebagai tradisi yang masih dilestarikan di Banten, khususnya di wilayah Tangerang. “Tradisi Peh Cun mewariskan pesan yang mengagumkan. Tradisi ini diawali oleh seorang pemimpin di Tiongkok yang memilih bunuh diri dengan menceburkan diri ke sungai dari pada mengkhianati kebenaran, keadilan, dan kejujuran” kata Oey Tjin Eng, Humas Perkumpulan Keagamaan dan Sosial Boen Tek Bio.
Plt.Gubernur mengapresiasi kepada warga dan pemerintah setempat yang masih melestarikan adat dan budaya itu. “Semoga saja ini dapat terus dilestarikan dan dijalankan tiap tahunnya, karena ini sudah menjadi kekayaan budaya Banten” tuturnya.
Menurut Plt.Gubernur, perayaan Peh Cun yang dirayakan tiap tahunnya merupakan suatu bukti bahwa kekayaan nilai keberagaman dan harmoni budaya yang telah lama hadir dan tumbuh di Provinsi Banten khususnya di Kota Tangerang merupakan sesuatu yang harus dipertahankan untuk membangun kekuatan bangsa yang kokoh.
“Perayaan Peh Cun yang akan berlangsung hingga akhir pekan ini diharapkan mampu melahirkan inspirasi-inspirasi yang baru yang memperkaya seni budaya di wilayah Tangerang dan umumnya Provinsi Banten. Provinsi Banten dan Kabupaten/Kota harus bersinergi dalam pengembangan pariwisata yang ada di Banten” harap Plt.Gubernur.
Festival Cisadane yang juga tiap tahunnya dirayakan di bantaran Sungai Cisadane, Plt.Gubernur menyarankan agar dibuatkan dermaga untuk masyarakat dan pelaksanaan perayaan Peh Cun. “Saya kira tidak usah terlalu besar untuk membuat dermaga tersebut” jelas Plt.Gubernur.
Wilayah Benteng Tangerang telah menjadi wilayah situs budaya yang semakin memperkaya identitas Kota Tangerang ke depan. Plt.Gubernur juga menyempatkan diri berkunjung ke Museum Benteng Heritage. “Museum bukan hanya untuk tempat penyimpanan benda purbakala saja tetapi di situ adalah nilai peradaban manusia pada masa lalu” ujar Plt.Gubernur.
Ketua Panitia Perayaan Peh Cun-WS Rudi Guna Wijaya menambahkan bahwa perayaan Peh Cun diperingati secara internasional tidak hanya di daratan China. “Ada dua kegiatan yang dilakukan, persembahyangan eling dan takwa untuk memperingati jasa seorang perdana menteri yang loyal kepada negara. Pelaksanaan Peh Cun tahun ini jatuh pada tanggal 5 bulan 5 penanggalan Imlek, atau tepatnya hari ini. Sedangkan rangkaian kegiatan Peh Cun di Kota Tangerang selain persembahyangan, juga ada lomba perahu naga, lepas bebek dan mendirikan telur” tegasnya.
Hal senada juga dikatakan Wakil Wali Kota Tangerang-Sachrudin. Ia mengatakan bahwa Pemerintah Kota Tangerang akan terus berupaya konsisten dengan pelestarian budaya yang ada di Kota Tangerang.(ADVETORIAL)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »