bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Dahnil Anzar Simanjuntak terpilih sebagai moderator Youth Committe Asian Conference Religion for Peace (ACRP)

Diposkan oleh On 20:58:00 with No comments

KOREA SELATAN, bantencom - Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak terpilih sebagai moderator Youth Committe Asian Conference Religion for Peace (ACRP) periode 2014-2019. Youth Committe ACRP adalah organisasi dialog antar agama yang berafiliasi dengan Religion for Peace International dan Persyarikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pemilihan dilakukan dalam pertemuan tahunan yang diselenggarakan di Seoul Youth Hostel, Korea Selatan, antara 23 hingga 25 Agustus 2014 dihadiri 80 pemuda lintas agama dari 14 negara. Dahnil menyampaikan, bahwa tugas-tugas melakukan mediasi dialog antar agama tidak mudah di kalangan pemuda di Asia dan Pasifik maupun dunia, karena ada fakta meningkatnya kelompok anti-agama di beberapa negara maju seperti Australia, Jepang dan Korea Selatan. "Kalangan itu mereka menganggap agama tidak memberi solusi bagi kehidupan sosial di era modern ini, maka adalah peran kami kelompok agama menjawab kritik mereka," ujar Dahnil dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/8).

Dia mencontohkan Islam, adalah agama yang selalu bicara bahkan mendoakan perdamaian setiap saat lewat salamnya. "Dan Islam adalah panduan hidup yang mampu menawarkan solusi bagi kebaikan hidup," ujar Dahnil ketika menyampaikan pidato pada penutupan General Assembly of Youth Committee ACRP

Selain Dahnil yang juga ekonom dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, peserta forum tahunan juga memilih Takashi Hashimoto dari Jepang yang mewakili pemuda Buddha sebagai wakil moderator.

Sementara Huma Ikramulla Kashif dari Pakistan yang juga mewakili pemuda Islam dan Nyveditha Laksmi dari Australia yang mewakili pemuda Hindu, dipilih sebagai sekretaris.

Organisasi ini mendedikasikan pekerjaannya untuk mempromosikan dialog antar agama dan mendorong peran agama sebagai mediator dan pencipta perdamaian. Sebelumnya, tahun lalu, Dahnil terpilih mewakili Asia dan Pasifik sebagai member of International Youth Committee Religion for Peace (IYCRfP).
(ridwan)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »