bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

FESTIVAL DEBUS BANTEN 2014 MENDAPAT REKOR MURI

Diposkan oleh On 13:44:00 with No comments

Serang, bantencom - Provinsi Banten menggelar Festival Debus Banten pada Banten Beach Festival 2014 yang berlangsung di kawasan Mercusuar, Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten pada 23 Agustus 2014. festival tersebut akan dibuka oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), DR. Sapta Nirwandar.
"Provinsi Banten sebagai provinsi yang relatif baru menempatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai andalan untuk memperoleh pemasukan. Provinsi ini punya potensi besar di bidang wisata, seperti sejarah kesultanannya," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DR. Sapta Nirwandar yang didampingi Plt. Gubenur Banten, Rano Karno dan Kapolda Banten selaku Panitia Festival Debus yang semula akan menampilkan 2000 seniman debus Banten.
Selain sejarah kesultanannya, lanjut Wakil Mnteri Pariwisata Ekomomi Kreatif, Banten pun punya objek wisata alam yang memikat. Seperti Pantai Carita dan Pantai Anyer, sudah banyak dikenal oleh pecinta wisata alam. Belum lagi keunikan seni budayanya. Ada masyarakat adat Baduy. Selain itu, ada seni tradisi pertunjukan debus. "Kalau orang menyebut debus, pasti akan teringat Banten," tambah Sapta.
Sementara Plt Gubernur Banten, Rano Karno mengatakan, penyelenggaraan festival debus sebagai upaya menarik wisatawan ke Banten. Wisatawan pun nantinya akan digiring melihat objek wisata lainnya, mulai dari pantai yang indah hingga ke hutan lindung yang ada di Banten.
Dijelaskan Rano, kesenian debus merupakan warisan budaya yang tidak dimiliki oleh Negara lain, oleh sebab itu keberadaannya di tengah tengah masyarakat harus dipelihara dan dilestarikan.
Sementara itu Kapolda Banten, Brigjen Polisi M Zulkarnain sebagai pelaksana acara mengatakan, debus yang ditampilkan untuk dicatatkan dalam MURI hanya debus yang ringan saja.
Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatatkan Festival Debus Banten (FDB) 2014 yang tepatnya digelar di Pantai Cikoneng, titik kilometer nol Anyer, merupakan kategori festival debus terbanyak di Indonesia dengan jumlah pemain debus 1700 orang.
Dihadapan tim dari MURI dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif , serta Plt Gubernur Banten, Rano Karno dan undangan umum para peserta festival debus mengawali atraksi debus berupa berbagai permainan api.
Pada pelaksanaan festival ini, pengemasannya tidak secara keras. Adegan-adegan yang dipertontonkan jadi lebih indah. Tidak disuguhkan lagi atraksi yang mengerikan. Semuanya disuguhkan secara menarik, apalagi yang nonton masyarakat umum dan banyak anak-anak.
(ridwan)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »