bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

PERINGATAN DETIK- DETIK PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI TAHUNB 2014 TINGKAT PROVINSI BANTEN

Diposkan oleh On 18:04:00 with No comments

Serang, bantencom - Peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Rimerupakan momentum yang sangat penting bersejarah strategis dan istimewa bagi bangsa indonesia termasuk masyarakat banten, karena peringatan ini merupakan wahana untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan yang telah dianugerahkan allah swt dan wahana mengenang jasa pahlawan yang telah gugur dalam mewujudkan kemerdekaan sekaligus untuk mawas diri atas apa yang telah kita lakukan dalam mengisi kemerdekaan dan bisa dijadikan pendorong semangat kita untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik guna mewujudkan cita-cita para pejuang pahlawan kemerdekaan antara lain mewujudkan masyarakat adil dan makmur aman dan sejahtera dalam negara kesatuan republik indonesia berdasarkan pancasila dan UUD 45. Demikian plt gubernur banten h. Rano karno menyampaikan pada upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-69 tahun 2014 di halaman mesjid raya albantani KP3B , Minggu (17/08)
"kemerdekaan yang kita nikmati saat ini merupakan hasil perjuangan para pahlawan pendahulu kita yang telah berjuang mengorbanklan jiwa dan raga serta hartanya demi tegaknya negara kesatuan republik indonesia", kata plt gubernur banten.
Lebih jauh plt gubernur menyampaikan bahwa alam dinamika sejarah perjalanan sejarah bangsa kita telah mengalami berbagai cobaan dan ujian, sejak proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945 yaitu setelah berhasil mengusir penjajah kolonial belanda yang ingin kembali menjajah juga kita telah melewati pergolakan dalm negeri yang ingin mengembalikan ideologi yang bertentangan dengan pancasila serta upaya-upaya dari kelompok tertentu yang ingin memisahkan diri dari NKRI.
Hal lainnya yang disampaikan plt Gubernur Banten H. Rano Karno yaitu arahan Presiden RI pada pidato kenegaraan tanggal 15 Agustus 2014 yang secara umum dijelaskan mengenai perkembangan politik pertahanan dan keamanan dalam negeri pembangunan ekonomi nasional dan peningkatan kesejahteraan rakyat. Adapun arahan tersebut secara spesifik terfokus kepada 3 hal.
Pertama penanggulanagn kemiskinan dan pengangguran, peningkatan kualitas sumber daya manusi upamanya melalui peningkatan akses pendidikan dan kesehatan pada kelompok mayarakat sangat miskin, dan ketiga arahan presiden RI untuk mendukung pelaksanaan masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi (MP3EI) dengan harapan akan lebih banyak lagi muncul pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru dan insfratruktur baru.
Disamping 3 hal tersebut plt Gubernur Banten menegaskan persoalan penting lainnya dari arahan presiden RI yang perlu perhatian yaitu difokuskan pula pada permasalah penegakan hukum pemberantasan korupsi dan terorisme termasuk termasuk menolak penyebaran faham sesat/radikal Islamic State For Iraq Suriah (ISIS) akan tetap menjadi prioritas untuk diselesaikan.
Plt Gubernur Banten menambahakan bahwa dalam rangka mengisi kemerdekaan ini diperlukan segala daya upaya agar Indonesia menjadi negara yang bermartabat maju mandiri dan sejahtera. Hal tersebut menurutnya sangat selaras dengan tema peringatan HUT RI ke-69 tahun2014 yaitu "dengan semangat proklamasi 17 Agustus 1945, kita dukung suksesi kepemimpinan nasional hasil pemilu 2014 demi kelanjutan pembangunan menuju Indonesia yangmakin maju dan sejahtera"
Berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan di provinsi Banten plt Gubernur Banten menerangkan secara umum mengalami peningkatan baik kesejahteraan masyarakat dan pelayanan publik serta daya saing daerah yang ditunjukkan beberapa indikator antara lain. Peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) dari 67,2 pada 2003 menjadi 71,87 pada 2013, laju pertumbuhan ekonomi (LPE) secara progresif pada tahun 2013 telah tumbuh sebesar 5,86 %, presentase penduduk miskin mengalami penurunan dari 9,22 persen pada 2003 menjadi 5,35 persen pada Maret 2014, presentase penggguran mengalami penurunan dari 17,45 % pada 2003 menjadi 9,87 % pada bulan Mei 2014, pendapatan asli daerah (PAD) provinsi banten paa 2001 sebesar Rp. 212,39 Milyar meningkat menjadi Rp. 4,6 Trilyun pada 2014 yang menunjukan adanya peningkatan kemandirian keuangan daerah, rasio elektrifikasi provinsi banten pada tahun 2002 sebesar 59% meningkat menjadi 83, 05 % pada tahun 2013, dan angka kematian bayi per 1000 kelahiran hidup pada 2007 sebesar 36 menurun menjadi 32 pada tahun 2013.
Namum demikian plt gubernur mengakui masih terdapat tantangan pembangunan yang harus diperhatikan antara lain penurunan angka kematian ibu, peningkatan infratruktur wilayah dan kawasan , pengendalian banjir, penurunan angka kemiskinan dan pengangguran, peningkatan investasi , pengembangan ekonomi lokal UMKM dan koperasi, peningkatan pelayanan pendidikan dan kesehatan serta penataan penyelesaian reformasi birokrasi mwujudkan good governance.
Pada kesempatan ini Plt Gubernur Banten mengajak kepada seluruh eleme masyarakat Banten untuk menjaga stabilitas keamanan ketentraman dan ketertiban masyarakat untuk mendukung penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan tugas pembangunan dalam mewujudkan rakyat banten sejahtera berlandaskan iman taqwa.
h. rano karno juga menyampaikan pengahargaan kepada jajaran kepolisian daera banten dan jajaran TNI yang telah mewujudkan pelaksanaan pemilu dengan lancar tertib dan aman terkendali dan juga semua pihak yangtelah memberikan pelayanan terbaik bagi pelayanan arus mudik dan arus balik perayaan Iedul Fitri di Banten pada tahun 2014.
Peringatan detik-detik proklasmasi kemerdekaan RI tahun 2014 ini dipimpin inspektur upacara (Irup) Mayor Inf Teuku kamal Mustofa, jabatan sehari-hari Kepala Staf Kodim 0602 Serang dan Perwira Upacara Mayor Inf. Drs mukhlisin, jabatan sehari-hari Perwira Seksi Latihan Korem 064/MY, pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) adalah siswa-siswi terpilih utusan dari tiap sekolah se-provinsi Banten, selaku komandan Kompi Paskibra Letda Inf. Agung Wardiansyah, jabatan sehari hari Danton III Kompi II Grup I Kopassus dengan pembawa bendera pusaka Farisanti Malina Farah, asal sekolah SMAK Penabur Gading Serpong Kab. Tangerang .
Peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI tahun 2014 tingkat Provinsi Banten dihadiri Sekertaris Darah Provisni Banten , Muhadi, Ketua DPRD Banten, Aeng Chaerudin, Kapolda Banten, M. Zulkarnain, Danrem 064 MY, unsur FKPD lainnya, para aparatur PNS di lingkungan pemprov Banten serta undangan VIP lainnya.
(ridwan)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »