bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

PLT GUBERNUR MENERIMA ANGGOTA WANTIMPRES MEMBAHAS KERUKUNAN UMAT BERAGAMA

Diposkan oleh On 17:13:00 with No comments

Serang, bantencom - Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) RI dipimpin ketua dr. Ma'ruf Amin mengunjungi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten diterima Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten H. Rano Karno di Pendopo Gubernur Banten, Kamis (28/08).  Rombongan yang diketuai DR. Ma'ruf Amin ini melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Banten bertujuan melakukan diskusi dengan tokoh pemuka umat beragama untuk mengetahui dinamika perkembangan kerukunan umat beragama di wilayah Banten dalam menyikapi perkembangan  saat ini.
Plt. Gubernur Banten secara singkat menerangkan kondisi di wilayah Banten bahwa sejauh ini kerukunan umat di Banten relatif baik.  Namun menurut plt. Gubernur,  jika terjadi sedikit dinamika sekecil apapun pasti kita sikapi.
Oleh karena itu menurutnya,   selaku penasihat forum komunikasi kerukunan umat beragama (FKUB) dan selaku kepala daerah dirinya akan terus melakukan jalinan silaturahmi bersama anggota FKUB  dan para pemuka agama baik dalam acara hari raya keagamaan maupun melalui forum silaturahmi lainnya.

Ketua FKUB Prof. Suparman Usman menerangkan  organisasi FKUB  di Banten dibentuk atas dasar keinginan  menjaga kerukunan umat dari kekhawatiran kondisi masyarakat beragama yang semakin dinamis.  Didirikan sejak 2004 mengacu pada UU dengan tujuan sebagai wadag berdialog dan sosialisasi dengan majlis-masjlis beragama dengan tujuan yang sama yaitu menyelesaikan berbagai masalah keagamaan memperkokoh kerukunan antar umat beragama yang ada.
           
Senada dengan pernyataan Plt Gubernur Banten,  Ketua FKUB Prof Suparman juga meyakini kerukunan umat beragama di Banten saat ini relatif baik dan kondusif. Hal ini terjadi atas dukungan pemerintah daerah dan tokoh-tokoh umat beragama yang menyadari keinginan mutlak atas kerukunan.                                                            
Namun begitu dinamika di masyarakat antar pemeluk agama pernah terjadi sedikit disharmonis terkait persoalan pendirian rumah ibadah di wilayah Tangerang akan tetapi berkat kesadaran terhadap regulasi dan kesadaran pentingnya kerukun hal tersebut relatif dapat teratasi.                                                                                                                                  Sementara itu menurut DR. Ma'ruf Amin yang juga selaku Anggota Wantimpres Bidang Hubungan Antar Agama melalui sambutannya menyampaikan kunjungannya bersama anggota Wantimpres lainnya  ke Banten merupakan yang ke-30, dan Banten menjadi provinsi yang terakhir dikunjungi.                                                                               Kunjungan kerja seperti ini dilakukan dalam rangka melihat kondisi kerukunan dan dinamika di daerah serta  bertujuan meningkatkan dan memelihara kerukunan umat untuk selanjutnya menjadi bahan laporan kepada Presiden RI.                                                                    
DR Ma'ruf Amin menerangkan atas hasil kunker nya ke daerah-daerah, umumnya konflik yang terjadi di Indonesia faktanya bukan disebabkan oleh perbedaan keyakinan dalam memeluk agama  akan tetapi   umumnya terjadi karna masalah ekonomi atau politik bahkan sisa konflik pilkada yang diseret-seret kepada masalah agama oleh kelompok kepentingan tertentu.                                                                            Selain itu masih menurut Ma'ruf Amin konflik tersebut bahkan sering terjadi di internal pemeluk agama itu sendiri, atau adanya kelompok radikalisme yang menjadi salah satu sumber konflik.                                                                            "Persoalan yang penting lainnya  yang sering menjadi pemicu terancamnya  kerukunan beragama adalah persoalan pendirian rumah ibadah. Oleh karena itu pemerintah ditetapkan undang-undang dan konsensus yang mengatur hal-hal persyaratan pendirian rumah ibadah", ungkapnya.
Dalam persoalan rumah ibadah ma'rup menegaskan tidak ada yang disebut intoleran akan tetapi penertiban bagi kelompok yg telah melanggar aturan dan konsensus yang disepakati di setiap daerah di indonesia.
Hadir pada acara ini Kapolda Danrem Kajati Kesbangpol Kemenag Banten dan lainnya.
(ridwan)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »