bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

TAHUN INI, BANTEN  REVITALISASI BLKI

Diposkan oleh On 19:09:00 with No comments

Serang, bantencom - Dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang handal dan siap bersaing dalam lapangan kerja, Pemerintah Provinsi Banten tahun ini akan merevitalisasi Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) milik provinsi yang berada di Tangerang Selatan (Tangsel). "Pemprov sudah siapkan anggaran sekitar Rp .45 miliar pada 2014 dan 2015," kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten, H. Rano Karno, SIP  saat melakukan kunjungan ke BLKI Provinsi Banten di Tangerang Selatan, Kamis, 14 Agustus 2014.
Plt. Gubernur menjelasdkan berapapun anggaran yang dibutuhkan untuk revitalisasi ini akan diusahakan. Namun untuk tahun ini disiapkan Rp10 miliar dan 2015 sekitar Rp35 miliar. Plt. Gubernur Banten  mengatakan, kondisi bangunan BLKI yang merupakan pelimpahan aset dari Jawa Barat tersebut tidak terurus, baik dari bangunan maupun dari peralatan-peralatan mesin yang sudah tidak memadai. Bahkan, ia berharap BLKI tersebut bisa diefektifkan menyiapakan tenaga kerja ahli yang bertaraf internasional.
Plt Gubernur mengatakan, Banten yang merupakan daerah industri harus bisa menciptakan para tenaga kerja yang handal dan profesional. Sehingga dengan melakukan revitalisasi  BLKI ini akan bisa menghasilkan tenaga kerja yang siap pakai dan diterima di industri yang ada di Banten.
"Sebenarnya kita termasuk terlambat melakukan revitalisasi ini, harusnya lima tahun lalu karena 2015 sudah masuk masyarakat ekonimo Asean. Tapi lebih baik terlambat dari pada tidak dilakukan," kata Plt Gubernur.
Apalagi, kata dia, di BLKI tersebut juga bisa menyelenggarakan pelatihan yang spesifik seperti pengelasan bawah laut dan teknik lainnya yang bisa diterapkan di Banten.
"Jembatan Selat Sunda kan akan dibangun. Ini tentu akan membutuhkan tenaga kerja banyak, termasuk ahli mengelas bawah laut itu. Ya disini ada, kenapa tidak dimanfaatkan," katanya.
Plt Gubernur mengaku prihatin melihat kondisi bangunan BLKI yang dibangun sekitar 1993 tersebut, tidak terawat dan sebagian sudah rusak. Berdasarkan pantauan, kantor BLKI Provinsi Banten yang terletak di jalan raya Serpong Kota Tangerang Selatan tersebut, sebagian bangunan gedung sudah hancur dan tidak terawat. Bahkan beberapa gedung yang berada diatas tanah seluas 4,2 hektar tersebut dipakai sejumlah SKPD Kota Tangerang Selatan seperti Badan Perijinan dan Pelayanan Terpadu (BP2T) Kota Tangerang Selatan dan Dinas Sosial Kota Tangsel.
Meskipun sebagian bangunan sudah rusak dan tidak terawat, BLKI Provinsi Banten tersebut tetap melakukan kegiatan pelatihan bagi calon tenaga kerja, dengan tujuh bidang keahlian.
"Tahun ini peserta pelatihan ada 288 orang yang terbagi dalam enam angkatan," kata Kepala BLKI Provinsi Banten M. Sihombing. Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten Hudaya mengatakan, dalam upaya melakukan revitalisasi gedung BLKI, pihaknya sudah menyampaikan kepada Pemkot Tangerang Selatan, untuk segera memindahkan sejumlah kantor yang menempati beberapa gedung BLKI tersebut.
"Kami sudah menyampaikan surat kepada Pemkot Tangsel untuk mengosongkan gedung yang dipakai ini. Kami meminta waktu empat bulan dari sekarang untuk segera pindah," kata Hudaya saat mendampingi Rano Karno melakukan kunjungan yang dilaksanakan secara mendadak tersebut.

(ridwan)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »