bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Peringatan Hari Koperasi ke 67 Tingkat Provinsi Banten

Diposkan oleh On 15:02:00 with No comments

Serang, bantencom - Melalui peringatan hari koperasi yang ke 67, kita tingkatkan tekad dan semangat agar koperasi semakin kreatif dan inofatif dalam menghasilkan produk produk yang berkualitas dalam rangka menyongsong masyarakat ekonomi ASEAN 2015, tegas Plt Gubernur Banten H.Rano Karno, S.IP saat membuka peringatan hari koperasi ke-67 tingkat Provinsi Banten dan Kabupaten Serang di lapangan Cibaru Anyer-Serang, Selasa, 09/09.
Plt Gubernur juga mengharapkan agar Koperasi berperan secara strategis menggerakan anggotanya sebagai pelaku usaha dan Khusus kepada koperasi dan UMKM harus mampu
bersifat reaktif dan antisifatif dalam menghadapi Globalisasi ekonomi.
selain itu dalam sambutanya Plt Gubernur mengatakan bahwa  data perkembangan koperasi di Provinsi Banten yang masih aktif. Hingga akhir tahun 2013 sebesar 4.578 unit,dan yang tidak aktif sebesar. 1.972 unit sehingga total mencapai 6.550 unit koperasi dan jumlah anggota koperasi sebanyak 1.092.565 orang dan manajer termasuk karyawan sebanyak 13.500 orang dengan volume usaha sebesar Rp.2,5 triliun dan aset sebesar Rp.6,4 Trilun. Dari data yang ada, bahwa secara kuantitatif perkembangan koperasi di Provinsi Banten menunjukan peningkatan yang signifikan, sementara jika dilihat dari segi kualitas, koperasi cendurung lebih konsisten dan memberikan dampak positif yang lebih luas yaitu peningkatan kesejahtraan keluarga.
Koperasi dapat menumbuhkan antara lain kelompok usaha masyarakat yang produktif dan pontensial, selain itu saat ini Kita harus mempersiapkan diri dalam menghadapi ekonomi asean 2015, yang harus kita lakukan yaitu percepantan, persiapan dan peningkatan kualitas untuk menghasilkan produk yang maksimal, ujar Plt Gubernur.
Sementara itu ketua Dekopinwil Banten Tatu Chasanah dalam sambutanya mengatakan sub tema peringatan hari koperasi di Provinsi Banten sendiri adalah "peningkatan kualitas kelembagaan dan daya saing produk koperasi dan umkm dalam menyongsong masyarakat ekonomi Asean". ini sesuai dengan hasil pertemuan gerakan koperasi se-Asean yang telah berkumpul di bali beberapa waktu lalu dalam rangka pertemuan Asean Co-Operative (ACO) forum 2014.
pada forum tersebut mengatakan bahwa tujuan berkumpulnya koperasi seluruh negara Asean di bali ini adalah untuk menggalang kekuatan koperasi-koperasi dalam ranah regional guna menghadapi diberlakukannya masyarakat ekonomi asean (MEA) atau asean economic community (AEC) pada 2015 mendatang.AEC merupakan era ekonomi dengan empat karakteristik. pertama, pasar tunggal berbasis produksi asean. kedua, daya saing ekonomi regional. ketiga, kesetaraan dan keadilan ekonomi. Dan keempat, integrasi ke dalam tata perekonomian global. ACO forum 2014 berhasil menyusun rumusan strategis untuk mengambil langkah aksi, meningkatkan peran dan partisipasi koperasi dalam transformasi masyarakat ekonomi Asean, utamanya dalam era ekonomi yang lebih terbuka.
ketua Dekopinwil Banten menambahkan bahwa upaya lain yang tak kalah penting dalam rangka memperkuat karakter bisnis koperasi adalah : program pendidikan dan sosialisasi. kedua program ini harus menjadi bagian integral yang tidak terpisahkan dalam berorganisasi dan praktek bisnis koperasi. pendidikan dan sosialisasi dibutuhkan untuk merubah mindset masyarakat dan gerakan koperasi, meningkatkan kualitas, melatih kompetensi SDM, dan manajerial koperasi serta bagaimana membangun jaringan dan memperkenalkan citra positif koperasi. dalam rangka pengembangan kapabalitas usaha koperasi agar bertahan dari gempuran globalisasi dibutuhkan pula pendampingan yang dapat memperbaiki manajemen usaha, kualitas produk dan pengembangan pasar. lembaga pendampingan atau konsultan pendamping koperasi dan umkm serta inkubator kumkm perlu diberdayakan kembali oleh pemerintah provinsi banten sehingga mampu menjalankan perannya sebagai tenaga konsultan yang sangat dibutuhkan koperasi dan UMKM.
Eli  Mulyadi sebagai panitia pelaksana dalam laporanya mengatakan peringatan hari koperasi ini dilaksanakan dari tanggal 2-15 September dengan tema Peningkatan kualitas kelembagaan dan daya saing produk koperasi dan UMKM menyongsong masyarakat ekonomi Asean 2015. dengan rangkaian kegiatan Penilaian Koperasi beprestasi,jambore koperasi,pemilihan duta koperasi, seminar kewirausahaan,dan acara pucak yaitu pembukaan pameran dan baksos sunatan masal dan donor darah.
(ridwan)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »