bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Banten kembangkan pertanian rumput laut

Diposkan oleh On 11:14:00 with No comments

Serang, bantencom - Demi mengembangkan pertanian rumput laut di Provinsi Banten. Maka, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Badan penelitian dan pengembangan daerah (balitbangda) Banten akan menerapkan tekhnologi tepat gunanya pada pertanian rumput laut.

"Produk rumput laut Banten, khususnya di wilayah Banten utara, seperti Tanara, Pontang, dan Pulau Panjang, baru bisa menghasilkan 45 ribu ton per tahun. Padahal panjang pantai kita 500 km dari Tangerang sampai perbatasan Sukabumi," kata Ali Fadillah, kepala Balitbangda Provinsi Banten usai memaparkan kajian terkait rumput laut di Kota Serang (23/10/2014).

Menurut Ali Fadillah, pertanian rumput laut di Indonesia masih terfokus di wilayah Indonesia Timur seperti di Papua, Ternate, dan NTT. Padahal, harga rumput laut di pasaran sangat menggiurkan, yaitu Rp 13 ribu per kilogram. Sehingga mampu mensejahterakan rakyat Banten.

"Kita bisa memilih pantai mana yg bisa di gunakan mengembangkan rumput laut. Karakteristik laut untuk rumput laut itu lautnya tenang dan terlindung," terangnya.

Pria berkacamata ini menyayangkan tipikal petani rumput laut Indonesia yang memanem rumput laut sebelum waktunya, sehingga kualitas yang dihasilkan kurang baik. Memanen lebih awal ini dikarenakan alasan ekonomi petani yang segera membutuhkan dana segar untuk kebutuhan keluarganya.

"maka harus ada lembaga penjamin ekonominya. Kalau mau ekspor, harus ada standarnya, maka harus ada lembaga penjaminnya," jelasnya.

Hasil kajian Balitbangda ini akan dirumuskan kembali agar lebih matang yang kemudian akan dilaporkan kepada Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten, Rano Karno, agar bisa membuat kebijakan bagi petani rumput laut dan menaikkan taraf hidup ekonomi para petani.

"Nanti banten akan dijadikan Kawasan minapolitan, kawasan yang ekonominya berbasis produk kelautan," tegasnya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »