bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Tips Memilih Power Supply (PSU)

Diposkan oleh On 11:38:00 with No comments


Bantencom. Banyak sekali yang tidak memperhatikan pentingnya Power Supply atau PSU untuk komputer kita, kita sering memamerkan kecanggihan komputer kita dengan prosesor, harddisk yang besar, vga yang canggih serta memory yang terbaru tetapi kita melupakan PSU yang memberikan aliran nafas hingga semua komponen tersebut berjalan dengan baik, tanpa PSU jangan berharap komputer kita bisa hidup dan semua yang kita sebutkan diatas tidak akan berfungsi. Bagi yang akan membeli komputer rakitan sebaiknya membaca Tips Membeli Komputer Rakitan agar tidak dilewatkan begitu saja sebelum memutuskan membeli PSU yang baik.

Fungsi dari PSU sendiri adalah  mengalirkan listrik ke seluruh komponen yang berasa di CPU  hingga semua bersinergi dan komputer berjalan dengan baik. Saat pertama akan merakit sebuah komputer jangan pernah menyepelekan barang yang satu ini, karena jika kita salah memilih PSU yang tidak baik maka taruhannya adalah semua perangkat yang ada di CPU kita bisa rusak atau berjalan tidak normal.

PSU yang beredar dipasaran ada 2 yaitu yang pure dan non pure.

Yang pure yaitu PSU yang baik yang mampu mensupply listrik sesuai yang tercantum dilabelnya, inilah PSU dapat penulis sarankan jika kita hendak membeli atau merakit sebuah komputer.

Ciri-cirinya diantaranya adalah sebagai berikut:

~ Terpisah dengan casing.
~ memiliki sertifikas 80+.
~ Bergaransi minimal 1 tahun bahkan ada yang sampai 3 tahun atau lebih.
~ Fisik lebih berat dan terlihat kokoh dengan kabel berpelindung yang baik.
~ Harganya lebih mahal bisa 2 sampai 3X lipat bahkan lebih tergantung besar watt yang kita ingginkan.

Sedangkan PSU non pure ini tidak penulis rekomendasikan karena besarnya resiko yang akan ditanggung jika hal ini dipaksakan.

Ciri-cirinya diantranya adalah sebagai berikut:

~ Biasanya menyatu dengan casing.
PSU seperti ini biasa kita dapatkan jika kita membeli komputer rakitan dalam bentuk paketan yang siap pakai karena untuk menekan biaya dan persaingan dalam berjualan.

~ Tidak meliliki sertifikasi 80+.
~ Biasanya tidak bergaransi.
~ Terlihat sangat ringan dan rapuh dan tanpa pelindung kabel yang baik.
~ Harga jelas lebih ringan dan jauh lebih murah dibandingkan PSU yang pure.

Sebagai gambaran harga sebuah casing dan PSU non pure 450 watt yang dijual seharga kurang dari Rp. 200.000,- sementara PSU yang pure tanpa casing dijual hampir Rp. 500.000,-. Ini sebuah indikasi bahwa betapa sangat pentingnya sebuah PSU yang baik untuk komputer kita dalam jangka panjang.

Anggapan yang salah tentang PSU adalah jika kita memakai PSU besar otomatis tagihan listrik kita juga akan besar, ini tidak sepenuhnya benar. Jika kita memakai  PSU 550 watt maka tidak otomatis PSU tersebut mengambil listrik sebesar 550 watt tetapi sesuai besarnya yang diperlukan oleh semua komponen CPU, bisa jadi tidak sampai 300 Watt dan kerja PSU lebih ringan tetapi yang benar adalah PSU tersebut mempunyai kemampuan menyediakan listrik hingga 550 watt.

Dari beberapa merk PSU yang pure yang umum ada dipasaran dan penulis rekomendaikan diantaranya adalah:  Seasonic, Silverstone, Acbel, Corsair, Antec dan lain-lain meskipun merk yang lain juga masih banyak tetapi itu sudah cukup mewalkili yang lainnya.

Sedangkan perawatan PSU tidaklah begitu sulit cukup dibersihkan dari debu pada bagian lubang yang mengarah ke dalam PSU dengan kuas kering agar udara mudah mengalir dan bersihkan kipas dengan kuas yang fungsinya menyedot angin dari dalam agar berjalan lancar dan komponen PSU dalam kondisi tidak bekerja extra karena panas. Dalam jangka panjang sekitar 3 sampai 5 tahun kerja PSU sudah tidak maksimal sebaiknya diganti dengan yang baru.

Sebagai panduan umum membeli PSU tetapi sifatnya tidak mutlak karena tergantung kebutuhan masing-masing pemakai, Sebuah PSU yang pure 450 atau 500 watt secara umum sudah mampu mensupply seluruh componen yang ada di CPU kita termasuk VGA kelas menengah yang sudah mampu memainkan game bergrafik tinggi. Baca juga Tips Memilih VGA Card yang sesuai agar kinerja komputer kita maksimal.

Jangan biarkan aset yang ada di CPU kita tidak berfungsi gara-gara supply listrik yang tidak baik, dengan mengetahui tips memilih PSU yang baik meskipun sedikit lebih mahal tetapi kita telah membantu menjaga aset penting yang ada di CPU kita.

Sumber: http://dheyon.blogspot.com
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »